Analisis Harga BTC dan ETH di Tengah Tingginya Tingkat Inflasi AS

Share :

Portalkripto.com — Biro Statistik Tenaga Kerja AS merilis laporan tahunan tentang Indeks harga konsumen (ICP) yang melonjak 9,1% pada bulan Juni lalu. Kenaikan ini menjadi inflasi paling tinggi dalam sejarah AS sejak November 1981 atau 40 tahun terakhir.

Hal ini menunjukkan kenaikan suku bunga agresif Federal Reserve AS tidak banyak membantu mengekang kenaikan harga sejauh ini.

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga lebih lanjut 75 basis poin bulan ini, tetapi Fed dapat mempertimbangkan pendekatan yang lebih agresif karena inflasi yang merajalela.

Kenaikan inflasi berdampak pada pasar kripto. 10 besar kripto berdasarkan CoinMarketCap berada di zona hijau pagi ini di waktu bagian Asia, rebound dari penurunan tajam setelah pengumuman inflasi dari Biro Statistik Tenaga Kerja AS kemarin.

Berikut adalah analisis teknikal harga Bitcoin (BTC) dan Ethereum (ETH) untuk hari ini, Kamis 14 Juli 2022, berdasarkan daily candle chart (1 day) dari analis Portalkripto.com, Arli Fauzi.

BTC/USDT 1D Binance

Pergerakan harga Bitcoin pagi ini masih berada dibawah EMA20 dan ditutup lebih tinggi dari daily candle sebelumnya yaitu pada harga $20,234. Level tertinggi berada pada harga $20,366 dan level terendah berada pada harga $18,910.

Volatilitas harga Bitcoin pada daily candle tanggal 13 Juli 2022 sangat tinggi. Harga Bitcoin sempat dump hingga ke level harga $18,910, dikarenakan oleh faktor fundamental yaitu kenaikan inflasi di negara Amerika Serikat yang mencapai 9.1%.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Inflasi di AS Menyentuh 9,1%, Pasar Kripto Kehilangan $46 Miliar dalam Satu Jam

Celsius, Perusahaan Kripto Ketiga yang Menyatakan Bangkrut


Penurunan harga Bitcoin secara tajam tersebut tidak berlangsung lama, beberapa jam setelahnya harga BTC memompa kembali di atas level $20,000.

Akibat dari adanya pump and dump tersebut, terjadi kenaikan volume perdagangan pada Bitcoin. Volume perdagangan Bitcoin pada market spot USDT Binance ditutup di atas MA20 sebesar $209.21k, dan RSI masih stabil di area netral pada level 42.25.

Harga Bitcoin masih berada pada area symmetrical triangle-nya, meski penutupan daily candle tanggal 12 Juli 2022 sempat di bawah dari support symmetrical triangle, tetapi hal tersebut belum bisa menjadi konfirmasi bahwa harga Bitcoin akan breakdown.

Terbukti pada penutupan daily candle hari ini yang lebih tinggi dari penutupan daily candle kemarin, serta terlihat membentuk Bullish Engulfing yang menunjukan perlawanan dari penurunan harga Bitcoin selama 5 hari ke belakang.

Pergerakan harga Bitcoin saat artikel ini dibuat berada pada harga $20,317 dan masih berpotensi naik hingga ke level harga $21,127. Tetapi apabila harga Bitcoin kembali koreksi, kemungkinan akan turun dan retest support dari fibonacci retracement ratio 0.382 pada harga $19,772.

BTC/USDT 1 Day. Binance. By: Arli Fauzi

ETH/USDT 1D Binance

Penutupan daily candle ETH pagi ini berada pada harga $1,115, dengan level tertinggi berada pada harga $1,119 dan level terendah berada pada harga $1,006. Penurunan harga Bitcoin secara tajam diikuti oleh hampir seluruh altcoin, termasuk harga ETH yang turun hingga ke level $1,006.

Harga ETH kembali naik seiring dengan naiknya harga Bitcoin. Pergerakan harga ETH saat artikel ini dibuat berada pada harga $1,115 dan kembali menyentuh ascending line.

Support solid ETH masih berada pada level $997, dan apabila harga ETH dapat breakout dari ascending line-nya, maka target kenaikan selanjutnya berada pada harga $1,273.

Pergerakan harga altcoin khususnya yang memiliki kapitalisasi besar terlihat masih mengekor kepada pergerakan harga Bitcoin. Karena itu melakukan analisa pergerakan Bitcoin sangat penting sebelum hendak melakukan aksi beli atau jual terhadap suatu altcoin.


ETH/USDT 1 Day. Binance. By: Arli Fauzi

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.