Celsius, Perusahaan Kripto Ketiga yang Menyatakan Bangkrut

Share :

Portalkripto.com — Platform pinjaman kripto Celsius Network telah memulai proses pengajuan proteksi kebangkrutan Chapter 11 ke Pengadilan Kepailitan Amerika Serikat di Distrik Selatan New York. Sebelumnya, crypto winter ini telah memakan “korban” kebangkrutan, diantarannya Three Arrow Capital dan Voyager Digital.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang disampaikan pada Rabu kemarin, Celsius mengatakan tengah berupaya untuk menstabilkan bisnisnya. Celsius saat ini masih memiliki uang tunai sebesar $167 juta untuk mendukung operasionalnya.

“Ini adalah keputusan yang tepat untuk komunitas dan perusahaan kami. Kami memiliki tim yang kuat dan berpengalaman untuk memimpin Celsius melalui proses ini,” kata Co-Founder & CEO Celsius Alex Mashinsky, dikutip CNBC.

“Saya percaya, saat kami melihat kembali sejarah Celsius, kami menyadari saat ini adalah momen yang sangat menentukan karena kami harus bertekad dan percaya diri bisa melayani masyarakat dan memperkuat masa depan perusahaan,” tambahnya.

Pengumuman ini disampaikan hanya beberapa hari setelah platform kripto ini mengganti firma hukumnya, Gump Strauss Hauer & Feld LLP, dengan Kirkland & Ellis LLP.

Sebelumnya, Celsius juga disebut berhasil melunasi utangnya kepada platform DeFi Compound, Aave, dan Maker. Total utang yang awalnya $820 juta kini tersisa $0,013.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Mengenal Voyager Digital yang Bangkrut Setelah Terdampak 3AC

Inflasi di AS Menyentuh 9,1%, Pasar Kripto Kehilangan $46 Miliar dalam Satu Jam


Namun belum diketahui bagaimana nasib para pelanggan yang asetnya masih terkunci di dalam platform Celsius. Perusahaan tersebut belum membuat pernyataan resmi mengenai pengembalian dana pelanggan.

Menurut dokumen proteksi kebangkrutan, Celsius dilaporkan memiliki lebih dari 100.000 kreditur dan debitur. Pinjaman tanpa jaminan terbesarnya berasal dari Pharos Fund yang berbasis di Caymans Island, sebesar $81 juta. Perusahaan perdagangan kripto FTX dan Alameda Research juga terdaftar sebagai kreditur dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar $12 juta.

Celsius merupakan salah satu ‘pemain besar’ di dalam platform pinjaman kripto yang telah mengeluarkan lebih dari $8 miliar pinjaman kepada klien dan mengelola aset sebesar $12 miliar pada Mei lalu. Celsius mengklaim memiliki 1,7 juta pelanggan pada Juni dan menawarkan imbal hasil setinggi dengan bunga 17%.

Namun, dalam pengajuan kepailitan ini, biasanya perusahaan akan terus beroperasi sambil diawasi oleh pengadilan dalam proses pembayaran utang.

Pengadilan juga dapat memutuskan untuk membebaskan seluruh utang perusahaan sehingga perusahaan dapat memulai bisnis lagi dari awal. Namun, jika di akhir proses pemilik usaha sudah tidak memiliki aset, maka perusahaan akan diresktrukturisasi.