Bagaimana Membaca Dominasi Bitcoin untuk Analisis Pergerakan Pasar?

Portalkripto.com- Bitcoin Dominance menjadi salah satu hal yang selalu dipantau oleh para trader cryptocurrency. Banyak yang bertanya mengapa Bitcoin Dominance menjadi penting untuk pergerakan harga pada market cryptocurrency. 

Karena dominasi Bitcoin sangat mempengaruhi pergerakan harga dari Bitcoin (BTC), dan pergerakan harga Bitcoin (BTC) serta dominasi Bitcoin sangat mempengaruhi pergerakan harga dari Alts Coin (istilah cryptocurrency selain Bitcoin). Korelasi tersebut menjadi hal umum bagi para trader di dunia cryptocurrency. 

Ada beberapa skema antara korelasi dominasi Bitcoin dan pergerakan harganya menurut pendapat kami, sebagai contoh : 

Pergerakan harga Bitcoin naik dan dominasi Bitcoin naik

Hal ini pertanda bahwa market sedang berfokus untuk memperdagangkan Bitcoin, sehingga dapat menyebabkan harga Bitcoin bullish.

Pergerakan harga Bitcoin naik dan dominasi Bitcoin turun.

Hal tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kenaikan harga Bitcoin akan mencapai batasnya dan menuju trend sideways. Karena dominasi bitcoin turun sehingga kapitalisasi pasar akan terbagi.

Pada momen ini menjadi momentum baik untuk pergerakan harga dari alts coin. Karena pada saat kondisi Bitcoin mengalami sideways setelah melewati fase bullish, sedangkan dominasi BTC perlahan berkurang, maka menjadi indikasi bahwa pasar akan melirik alts coin.

Biasanya, dampak dari hal tersebut akan menyasar major alts coin seperti Ethereum (ETH), Cardano (ADA), Binance Coin (BNB), dll. Maka, mayor altcoin tersebut dalam posisi kuat untuk naik. 

LIHAT JUGA: Dominasi BTC Makin Tergerus, Terburuk Sejak 3 Tahun Terakhir

Pergerakan harga Bitcoin turun dan dominasi Bitcoin turun.

Ini menjadi pertanda yang sangat tidak baik bagi pergerakan harga Bitcoin dan Alts Coin, karena apabila harga Bitcoin turun lebih dari 10% pasti akan berpengaruh terhadap pergerakan harga Alts Coin.

Pergerakan harga Bitcoin naik dan dominasi Bitcoin turun.

Hal ini yang terjadi saat sebelum harga Bitcoin crash beberapa waktu lalu. Harga Bitcoin naik dan sideways setelahnya, sedangkan dominasi Bitcoin terus turun. Tetapi momen ini menjadi golden moment untuk Alts Coin, karena pada kondisi ini bisa kita sebut Alts Season sedang berlangsung. 

Pergerakan harga dari keseluruhan Alts Coin akan mengalami kenaikan yang signifikan. FOMO (Fear Of Missing Out) menjadi alasan terbesar beberapa Alts Coin bisa mengalami kenaikan yang tidak diduga. 

Kondisi seperti ini menjadi momen psikologi dan teknikal analisa dari seorang trader diuji agar tidak ter-FOMO, karena pada saat harga bitcoin naik dan dominasi turun ibaratkan seperti bom waktu. 

LIHAT JUGA:  Dominasi Bitcoin Semakin Tergerus (45%), Akankah Kejadian 2018 Terulang?

Karena, sewaktu-waktu harga Bitcoin bisa mengalami koreksi yang cukup dalam, karena pasar mengalami titik jenuh pada saat harga Bitcoin naik sehingga mengalami fase sideways setelahnya. Ini artinya banyak trader yang beranggapan bahwa harga Bitcoin sudah mencapai batas atas, sehingga sell pressure akan terjadi.

Pergerakan Dominasi Bitcoin dari awal 2021 hinggga 10 Mei 2021 bisa terbilang sangat bearish, karena mengalami penurunan sebesar 45.25%. Bearish Dominasi Bitcoin ini diakhiri dengan pertanda penurunan harga Bitcoin yang sangat dalam. 

Terlihat bahwa Dominasi Bitcoin saat ini sudah mulai pullback bahkan sudah menyentuh angka 46.32%. Hal tersebut menjadi tanda bahwa kapitalisasi pasar cryptocurrency perlahan akan berfokus pada Bitcoin, dan ini menjadi hal yang baik untuk pergerakan harga Bitcoin itu sendiri. 

Yuk, berlangganan konten premium! Untuk analisis yang lebih mendalam dan berkala. Mumpung promo, hanya Rp 150K untuk berlangganan 12 bulan.