Bitcoin Lanjutkan Konsolidasi, ini Titik Harga yang Menjadi Kunci

Portalkripto.com– Bitcoin masih melanjutkan tren konsolidasi di harga US$ 45-46 ribu, pada perdagangan Sabtu, 11 September 2021. Data grafik BTC dalam time frame pendek memang agak cukup menggelisahkan, namun apabila dilihat menggunakan time frame 1-3 hari sinyal bullish masih berkedip. 

Selain dari rata-rata pergerakan harian yang menunjukan sinyal positif, data on chain pun menunjukan adanya optimisme bullish dalam beberapa waktu ke depan. Analis CryptoQuant menunjukan adanya sinyal positif dalam data on-chain. 

Metrik Distribusi Usia UTXO CryptoQuant menunjukkan bahwa koin yang berusia lebih dari 12 bulan (holder) terus bertahan. 

Selama beberapa bulan terakhir, data on-chain telah menunjukkan tren whales mengirim BTC ke bursa derivatif, kemungkinan untuk membangun posisi atau mengisi margin. 

LIHAT JUGAIni Alasan Kemendag Ngotot Bentuk Bursa Kripto Indonesia

CEO CryptoQuant Ki Young Ju memposting grafik yang menunjukkan Rata-rata Aliran Semua Pertukaran ke Pertukaran Derivatif menggunakan rata-rata pergerakan 30 hari. Ki menunjukkan ketika rata-rata pergerakan 30 hari dari aliran BTC berarti mendorong lebih tinggi, ini secara historis menyebabkan reli yang signifikan di BTC beberapa bulan kemudian.

http://

Harga Kunci untuk Tren Bullish

Saat laporan ini ditulis, Bitcoin berada pada harga US$$45,311.94, turun sekitar 3% dalam 24  jam terakhir. Sementara itu volumenya mengalami peningkatan sebanyak 6,95% ke total $39,350,848,364. 

Bitcoin telah diperdagangkan di antara moving average (MA) selama dua hari terakhir. Ini menunjukkan bahwa pembeli membeli pada saat penurunan di dekat rata-rata pergerakan sederhana (SMA) 50 hari (US$44,934) tetapi kejenuhan sempat terjadi karena rata-rata trader menjual di dekat EMA 20-hari (US$47,774).

LIHAT JUGA: Setelah Harga Bitcoin Jatuh, Bagaimana Selanjutnya?

Dalam fase akumulasi ini, penting bagi BTC bertahan di harga US$ 47 ribu. Penutupan di atas $47,2rb adalah sinyal bullish jangka pendek dan akan membantu meningkatkan momentum menuju akhir pekan, menyiapkan upaya untuk merebut kembali $50rb.

Sejauh ini, bagus untuk melihat likuidasi lama mendingin, sinyal melemahnya tekanan jual. Mengingat pemegang besar koin lama tidak menjual, dan momentum jangka pendek pada grafik 4 jam perlahan-lahan bergerak lebih tinggi, ada kemungkinan BTC telah menemukan titik terendah dan akan memulai proses pemulihan untuk merebut kembali harga di atas US$50 ribu.

 

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.