Bitcoin Terkoreksi Seiring dengan Dominasinya yang Turun, Apa Dampaknya?

Portalkripto.com– Dalam sepekan terakhir performa Bitcoin (BTC) bisa dibilang melemah. Berdasarkan data coinmarketcap, selama 7 hari terakhir performa harga BTC -2,02%. Selain tren harganya yang melemah, dominasinya pun semakin turun.

Pada saat artikel ini dibuat, 4 April 2021, dominasi BTC menjadi 45-46%. Artinya, sebagian besar pasar sudah mulai melirik alts coin (atau koin selain BTC). Di samping itu, harga 50 alts coin menunjukan performa yang lebih baik dari BTC.

Fenomena ini tentunya menandai apa yang disebut alts season. Pada pekan ini, kita semua saksikan sejumlah koin mulai dari Ether (ETH), Binance Coin (BNB), Dogecoin (DOGE), XRP dan lainnya telah menunjukan peningkatan harga yang luar biasa.

LIHAT JUGA: Saatnya Altcoin Season! Begini Performa Harga ETH, BNB, XRP, hingga DOGE

Bahkan, Ether dan Doge hari ini menginjak harga tertingginya. Sementara alts coin sedang berterbangan, BTC malah terkoreksi. Dalam 24 jam terakhir BTC turun 5,43%.

Penurunan BTC ini, Apa Dampaknya?

Analis Portalkripto.com, Arly Fauzi, menganalisa bahwa fenomena terkoreksinya BTC disertai dengan penurunan dominasinya ini akan menghasilkan dua skenario. 

Skenario pertama, dengan penurunan dominasi BTC yang masih dalam tahap wajar, artinya masih belum menembus di bawah 45%, kondisinya masih aman. Dan, akan berdampak pada altscoin. Skenario ini sudah terlihat di dua hari kebelakang, di mana sejumlah alt coin berada ada jalur uptrend.

“Jika BTC hanya koreksi atau penurunannya lambat, mungkin bagi beberapa alt coin dengan volume tinggi atau yang lagi pumping ga akan terlalu berpengaruh,” ujar Arly, Selasam 4 Mei 2021.

LIHAT JUGA: Sejumlah Alasan yang Bikin Harga Ethereum Semakin Gacor

Namun, di skenario kedua, Arly mengatakan, apabila penurunan BTC jauh lebih dalam, atau minimal 10%, hal tersbeut akan berdampak langsung pada harga alts coin. Kemungkinan alts coin akan ikut jatuh mengikuti trend BTC. 

“Case yang kedua ini bisa berpengaruh ke BTC dominance, karena pada saat dump, BTC dominance kemungkinan besar naik, dalam artian market kembali fokus atau trader yang lagi ke FOMO alts coin bakal balik liirk BTC,” ujarnya.

Saat ini, bagi trader yang sedang hold altcoin juga sangat perlu untuk memperhatikan laju BTC. Karena, tren altcoin selanjutnya tergantung performa BTC. 

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Sifat semua informasi di Portalkripto bukan financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengn mata uang kripto beserta ekosistemnya. Analisis yang kami gunakan seluruhnya menggunakan metode teknikal.