Saatnya Altcoin Season! Begini Performa Harga ETH, BNB, XRP, hingga DOGE

Portalkripto.com– Dominasi Bitcoin (BTC) pada bulan April 2021 ini cenderung mengalami penurunan yang cukup dalam. Pada Jumat, 30 April 2021, 01.02 WIB, berdasarkan data coinmarketcap dominasi BTC berada di angka 48,28%.

Penurunan dominasi Bitcoin ini bisa jadi menjadi momen untuk sejumlah altcoin berterbangan atau yang kerap disebut altcoin season. Altcoin season ini merupakan fenomena di mana 50 koin atau aset kripto mengalami kenaikan dibandingkan Bitcoin. 

Berdasarkan indek alt season dari blockchaincenter.net, saat ini skor altcoin berada di angka 94. Angka tersebut menandakan alt season tengah terjadi. Indikasinya adalah sejumlah koin selain Bitcoin selama 90 hari ke belakang menunjukan performa harga yang kuat.

Sedangkan, indek altcoin month saat ini memiliki skor 84. Artinya bulan ini pun menandai musimnya altcoin. 

Dominasi Performa Ether (ETH), BNB, hingga Doge yang Sebabkan Alt Season

Sejumlah aset kripto atau koin yang mengalami pertumbuhan harga sangat signifikan selama 90 hari ke belakang. Namun, terdapat tiga koin yang sangat mencuri perhatian pasar baru-baru ini hingga beberapa kali menginjak harga tertingginya selama tiga bulan ke belakang.

Mereka adalah Ether (ETH), Binance Coin (BNB), dan Dogecoin (DOGE). Ketiganya mampu melemahkan dominasi BTC di tiga bulan ke belakang. Misalnya, ETH selama 90 hari ke belakang harganya naik hingga 97,7%, jauh meninggalkan BTC yang hanya mampu mengejar harga hingga 55,1%.

LIHAT JUGA: Ethereum (ETH) Melesat Lebih Cepat, Tinggalkan Laju Bitcoin

Performa Binance Coin (BNB) lebih luar biasa lagi. Koin yang dimiliki oleh exchange Binance ini mengalami kenaikan harga yang enggak kaleng-kaleng, selama tiga bulan terakhir BNB naik 1276,3%. 

Sedangkan, koin lainnya, seperti Doge, XRP, DOT, ADA, dan UNI, pun menyumbang pengaruh cukup besar pada alt season kali ini.

NFT Token Berterbangan

Alt season kali ini pun ditandai dengan naiknya sejumlah token NFT secara gila-gilaan. Tahun 2021 memang menjadi musim semi NFT. Selama tahun ini penjualan dan perkembangan ekosistem NFT mendominasi industri aset kripto. 

LIHAT JUGA: NFT Kian Diminati, Kuartal Pertama 2021 Mendominasi Industri Cryptocurrency

Tak ayal, token macam CHZ, Cake, hingga MATIC mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan, lebih dari 1900% dalam 90 hari terakhir. 

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.