Bullrun di Bulan Oktober, Realistiskah? Berikut Tiga Isu Pemicu

Portalkripto.com– Pasar sangat optimis Bitcoin akan bullrun di bulan Oktober ini. Sejumlah analis bahkan memprediksi Bitcoin akan mencuri perhatian dengan mencetak kembali all time high. 

Analis Rose memprediksi harga Bitcoin bisa menyentuh $ 60 ribu dalam bulan ini. Sedangkan analis yang terkenal dengan metode S2F PlanB memperkirakan harga Bitcoin $ 63 ribu. 

http://

Lantas, apakah analisis tersebut realistis? Kita sadari bahwa selama ini pergerakan pasar sangat terpengaruh dengan sentimen atau isu yang berkembang. Seminggu lalu, pasar barus saja dipermainkan oleh FUD China. 

Meskipun diserang dengan cerita lama, psikologis pasar sangat terdampak, mengakibatkan rally Bitcoin terpatahkan dengan sentimen tersebut. 

LIHAT JUGA: Analisis Bitcoin: $ 40 Ribu Adalah Kunci!

Meskipun, secara teknikal analisis trend bullish Bitcoin sangat terukur. Tapi itu saja tidak cukup. Perlu dukungan sentimen agar pasar kembali percaya diri dan mendukung langkah banteng untuk mengejar harga Bitcoin di level $ 60 ribu. 

Berikut sentimen atau fundamental yang bisa membuat Bitcoin da pasar kripto moncer di bulan ini:

Kebijakan exchange-traded funds (ETF) di bursa berjangka untuk kripto di AS

Meski Oktober masih berjalan satu hari, namun spekulasi pasar terkait dengan akan dikeluarkannya kebijakan pemerintah AS terkait dengan ETF Bitcoin membuat harga BTC berbalik arah. 

Spekulasi akan dikeluarkannya kebijakan tersebut didorong oleh pernyataan Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) Gary Gensler yang menegaskan kembali dukungan untuk ETF bitcoin dalam kontrak berjangka dibanding membelinya secara langsung. 

Jika kebijakan tersebut benar-benar dikeluarkan, bullrun di bulan Oktober bukan suatu hal yang mustahil. Pasar akan bereuforia dengan peningkatan harga Bitcoin yang signifikan. 

Negara Adopsi Kripto, Menyusul El Salvador

El Salvador saat ini menjadi prototype bagaimana sebuah negara berani untuk mengadopsi aset kripto sebagai alat pembayaran. Meski, dibebani oleh sejumlah serangan dan tantangan, El Salvador nampaknya masih terus mencari bentuk agar adopsi Bitcoin bisa berjalan dan memberikan contoh pada negara lain. 

Langkah El Salvador ini pun tampaknya sudah mulai akan ditiru oleh negara lain. Negara seperti Ekuador dan Paraguay nampaknya tengah mempersiapkan regulasi untuk menyusul langkah El Salvador. 

Apabila di bulan ini ada satu negara yang mengakui BItcoin sebagai legal tender, bullrun pun akan mendapat dukungan yang sangat kuat.

LIHAT JUGA: Indonesia Difavoritkan Menjadi Negara yang Melegalisasi Crypto Versi Coinmarketcap

Adopsi Kripto oleh Raksasa Bisnis

Masih ingatkah ketika Tesla mengumumkan telah mengadopsi Bitcoin dan mempergunakannya sebagai alat pembayaran? Yup, saat pengumuman tersebut Bitcoin mencetak harga tertinggi baru. Selain itu sejumlah altcoin pun terbang dengan mencetak all time high, seperti DOGE, Ethereum dan lainnya. 

LIHAT JUGA: Facebook Kembali Serius Garap Proyek Kripto

Jika di bulan ini, perusahaan besar seperti Facebook, Apple, dan Tesla kembali mengumumkan langkah strategis perusahaan dengan mengadopsi aset kripto, bukan tidak mungkin banteng akan semakin perkasa di bulan ini. 

 

PENULIS: IQBAL LAZUARDI/PORTALKRIPTO.COM