Charles Hoskinson Akui Tertarik Beli Coindesk

Share :

Portalkripto.com — Pendiri blockchain Cardano, Charles Hoskinson, mengatakan ia tengah mempertimbangkan untuk membeli media kripto Coindesk. Ia mengaku tertarik untuk mengkolaborasikan jurnalistik dengan komunitas.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Twitter pribadinya, Jumat, 20 Januari 2022, co-founder Ethereum ini mengatakan, saat Digital Currency Group (DCG) dilaporkan akan menjual aset, Coindesk langsung mencuri perhatiannya. Ia kemudian mencari tahu harga jual outlet media itu dan mendapatkan angka $200 juta atau sekitar Rp3 triliun.

“Saya belum melihat neraca keuangan mereka (Coindesk), tetapi pernah mendengar keuntungan kotornya sekitar $15 juta,” ujarnya.

Pendapatan per tahun Coindesk itu bahkan lebih besar dari nilai akuisisi oleh DCG pada 2016 lalu sebesar $500.000. Nilai valuasi yang tinggi tersebut juga yang diduga membuat Hoskinson tertarik dengan Coindesk.

Ingin Melawan Media Abal-abal

Tujuan utama Charles Hoskinson ingin mengambil alih Coindesk adalah ingin melawan media abal-abal dengan membangun media berintegritas. Menurutnya, media online yang buruk sudah cukup menjamur saat ini.

Beberapa di antaranya karena tidak melakukan riset mendalam dalam pelaporannya dan beberapa lagi media bayaran untuk menjalankan agenda tertentu. Ia mencontohkan exchange kripto yang telah bangkrut, FTX, yang menggelontorkan dana untuk media kripto AS, The Block.

“Semua orang sebenarnya ingin memiliki outlet media dan menggunakannya untuk memberikan pengaruh di industri (kripto),” ujarnya.

“Sedangkan ketertarikan saya untuk memiliki media lebih luas dari itu. Saya ingin mencari tahu bagaimana caranya mengembalikan integritas jurnalistik,” tambahnya.

Hoskinson membayangkan bagaimana media bisa menyediakan konten berbasis komunitas. Ada campur tangan dan diskusi yang dilakukan komunitas untuk meramu sebuah isu menjadi sebuah pelaporan yang utuh.

Ia juga memaparkan keinginannya agar media bisa bersinggungan langsung dengan proyek blockchain dan mengintegrasikan periklanan dengan token kripto.

Meski baginya $200 juta terlalu mahal untuk Coindesk, namun ia mengaku mampu melakukan pembelian jika media yang berkantor di New York benar-benar memiliki value yang diinginkannya.

Coindesk diketahui terancam dijual oleh perusahaan induknya, DCG, yang sedang mencari dana untuk menutup utang anak perusahaannya yang lain, Genesis. Genesis sendiri telah resmi mengajukan kebangkrutan di Pengadilan Distrik Selatan New York pada Jumat, 20 Januari 2022.