Cuitan Elon Musk Bikin US$ 98 Juta “Menguap” dari Bitcoin

Portalkripto.com– Laporan CoinShares pekan ini mencatat adanya arus dana yang keluar dari produk investasi Bitcoin yang cukup besar dalam sejarah. Fenomena ini terjadi setelah CEO Tesla Elon Musk membuat serangkaian cuitan yang membuat pasar crypto berantakan.

Laporan yang dipublikasikan pada 17 Mei 2021 ini mencatat, pada pekan lalu dana investasi sebesar US$98 juta atau setara dengan Rp 1,4 triliun. Dana tersebut setara dengan dengan 0,2% dari total aset yang dikelola oleh CoinShares. 

“Meskipun kecil, ini menandai arus keluar terbesar yang kami catat,” tulis CoinShares dalam laporan tersebut.

Namun, di samping itu, CoinShares mencatat adanya peningkatan akumulasi investasi pada Ethereum (ETH) dan cryptocurrency yang lain. Laporan tersebut mengidentifikasi arus masuk ke produk investasi aset crypto sebesar $ 48 juta di luar Bitcoin.

Ethereum, dalam laporan tersebut, tercatat mewakili lebih dari setengah aliran ke produk investasi altcoin dengan $ 27 juta. Altcoin lain, seperti Cardano (ADA) dan Polkadot (DOT) juga tercatat mengalami peningkatan arus masuk masing-masing sebesar $ 6 juta dan $ 3,3 juta.

LIHAT JUGA: Dominasi BTC Makin Tergerus, Terburuk Sejak 3 Tahun Terakhir

Bulan Mei ini pun diprediksi akan menjadi bulannya Ethereum. Hingga saat ini volume investasi yang masuk ke ETH dari investor institusional telah melampaui arus kas ke Bitcoin. 

“Data tersebut menyiratkan bahwa investor telah melakukan diversifikasi keluar dari Bitcoin dan menjadi produk investasi altcoin.”

Secara keseluruhan, produk investasi aset digital mengalami arus keluar bersih $ 50 juta.

LIHAT JUGA: Cardano (ADA) Curi Panggung Di Tengah Isu Energi Kotor Bitcoin

CoinShares mencatat bahwa investor institusional kini semakin tertarik pada ETH dan altcoin lain dibandingkan BTC. Hal ini mencerminkan tren pasar kripto yang perlahan mulai jenuh dengan BTC. Berdasarkan data coinmarketcap, satu bulan terakhir menunjukan bahwa dominasi BTC terus tergerus ke angka 39-40%, terburuk selama tiga tahun terakhir. 

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.