Dancer Kpop Gunakan NFT untuk Lindungi Hak Cipta Koreografi

Share :

Portalkripto.com — Dancer Kpop NO:ZE menggunakan Non-Fungible Tokens (NFT) untuk melindungi hak kekayaan intelektual atas koreografinya.

“Koreografi yang dibuat sejauh ini belum memiliki hak cipta,” kata NO:ZE dalam pengumuman videonya.

“Dengan teknologi NFT, koreografi dapat dikenali dengan baik sebagai kekayaan intelektual dan pemegang [NFT] dapat memperoleh keuntungan,” lanjut dia.

NO:ZE menjadi superstar di industri musik Kpop setelah tampil memukau di acara Street Woman Fighter, sebuah program televisi survival dance yang mengadu bakat delapan grup dance wanita terbaik di Korsel.

Rencananya dia akan mengeluarkan 10.000 gambar profil (PFP) menggunakan gambar kehidupan nyata NO:ZE dan tiga set koreografi asli NO:ZE sebagai NFT. Setiap NFT dihargai 500.000 won Korea atau sekitar US$385 dan akan dikirimkan ke dompet Kaikas di blockchain Klaytn.

Apa Saja Manfaat NFT?

NFT adalah salah satu kata kunci terbaru dalam industri blockchain dan menjadi aset yang digandrungi di dunia kripto. Dengan semua hal yang dimilikinya itu, mungkin ada yang bertanya-tanya apa saja manfaat NFT. Berikut portalkripto sampaikan sejumlah manfaat NFT dikutip dari berbagai sumber.

1. Pasar terdesentralisasi
NFT memungkinkan pembuat konten menghasilkan uang langsung dari karya mereka. Misalnya dalam sebuah karya seni, seorang senimna membutuhkan agen untuk menjual dan memasarkan karya mereka. Namun dengan adanya NFT, maka seniman dapat langsung menjual karyanya tanpa perantara dan memungkinkan dia berinteraksi dengan pelanggan mereka. Dengan konsep bisnis ini akan menguntungkan seniman dengan memungkinkan mereka mendapatkan komisi setiap kali NFT-nya (karya seninya) berpindah tangan.

2. Unik dan Langka
Setiap NFT adalah unik dan langka karena hanya ada satu pemiliknya dan tidak bisa dipalsukan.

3. Koleksi
Secara teknis semua NFT adalah barang koleksi. Seperti disebutkan di atas, mereka unik dan hanya satu dari masing-masing yang bisa eksis. Setelah membelinya, Anda dapat mempertahankannya dan nilainya akan meningkat seiring waktu.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Akankah Kenaikan Dolar AS Menekan Harga Bitcoin?

Ethereum Diprediksi Turun 40% di Tengah Ancaman Resesi


4. Bisa dijual kembali
Kebanyakan orang yang terlibat dalam dunia NFT memiliki tujuan untuk menghasilkan uang. Ada banyak orang yang mencari nafkah dari menjualnya kembali. Berinvestasi dalam NFT untuk nilai jual kembali dapat menghasilkan keuntungan besar.

5. Tidak berubah
Metadata pada token tidak dapat diubah oleh siapa pun dan tidak dapat dihapus. Pada dasarnya, NFT dimaksudkan untuk bertahan selamanya karena data mereka akan selalu tetap ada. Maka dengan sendirinya NFT akan bernilai tinggi.

6. Hak Cipta
Seperti yang dilakukan NO:ZE, salah satu keuntungan terbesar dari teknologi NFT adalah perlindungan atas hak cipta atau copyright. Dengan hak cipta tersebut, seniman tetap dapat menghasilkan pendapatan tanpa melepaskan hak ciptanya.

Tidak dapat disangkal bahwa teknologi blockchain NFT memiliki banyak keunggulan yang membuatnya sangat menguntungkan. NFT tidak hanya bermanfaat bagi penciptanya, tetapi juga untuk pedagangnya. Jelas bahwa ada banyak potensi NFT menjadi bagian penting dari masa depan sebagian besar industri.

Di masa mendatang manfaat NFT akan ditentukan oleh utilitasya, bukan sekadar aset digital yang hanya untuk dikoleksi.

 

This entry was posted in NFT and tagged , .