Dominasi Bitcoin Beranjak Naik, Sinyal Pasar Akan Kembali Sehat

Portalkripto.com– Pasar mata uang kripto dan Bitcoin pada dua hari ke belakang cukup terpukul dengan penurunan sejumlah koin, termasuk cryptocurrency bervolume besar.  Namun, penuruna tersebut disebut sebagai cara untuk menormalkan kembali pasar ke jalu yang lebih sehat. 

Faktor terbesar harga mata uang kripto berjatuhan kemarin itu, disebabkan oleh kepanikan pasar yang akhirnya melakukan aksi jual secara berlebihan. Terutama di kalangan investor menengah. 

Kondisi tersebut diperparah dengan adanya pengumuman kebijakan Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang akan menaikan pajak penghasilan atau capital gain bagi masyarakat berpenghasilan lebih dari US$ 1 juta/pertahun.

LIHAT JUGA: Pasar Mata Uang Kripto “Kebakaran” Ini Sejumlah Penyebabnya

Berdasarkan analisa dari Cointelegraph Markets dan TradingView menunjukkan bahwa gelombang besar penjualan menyebabkan harga Bitcoin terjun di bawah level support US$ 50.000, pada tanggal 23 April.

Hal tersebut mengakibatkan harga Bitcoin jatuh ke level terendah $ 47.500. Namun para pembeli baru berani untuk melakukan aksi belinya saat Bitcoin menyentuh kembali harga di atas US$ 49.000.

Aksi pembelian tersebut pun ditandai dengan peningkatan Bitcoin dominan yang terangkat dari level 49,7% menjadi 50,75%. 

Kendati demikian, komunitas analisis dan pencatat on-chain Whalemap menyebutkan, Bitcoin harus mampu menembus kembali harga US$55 ribu untuk kembali mengangkat kepercayaan pasar. Harga tersebut menjadi sangat penting bagi BTC, lantaran terdapat 263 ribu Bitcoin yang masuk saat di harga US$ 55 ribu.

LIHAT JUGA: BTC Koreksi, Ke mana Arah Selanjutnya ?

“55k seharusnya bagian bawah. 263 ribu bitcoin masuk ke dompet paus dengan harga itu. Di masa depan, ini bisa menjadi area bermasalah bagi BTC. Tapi mari kita lihat apa yang terjadi. Saat ini, kami mendukung,” ujar Whalemap dalam cuitannya 24 April 2021.

 

http://

Sementara itu, dikutip dari Cointelegraph, Élie Le Rest, partner di perusahaan manajemen aset digital ExoAlpha, mengatakan, apabila BItcoin mampu mempertahankan harga saat ini US$ 49.000-US$50.000 itu akan mengkonfirmasi pola akumulasi oleh investor institusional.

Apabila itu benar-benar terjadi, mereka mengatakan, pasar akan kembali bullish dalam beberapa minggu atau bulan ke depan. 

Namun, jika harga BTC malah turun lebih jauh turun di bawah harga US$ 43.000 akan berimbas pada penurunan harga sejumlah Altscoin. Namun,

“Kembali ke level ini dapat memicu penurunan yang kuat untuk pasar altcoin karena mereka akan kehilangan semua keuntungan mereka baru-baru ini,” Namun, justru berpotensi menyebabkan kenaikan dominasi Bitcoin kembali di atas 60%.”