Exchanges Kripto FTX Dirumorkan Akuisisi Robinhood

Share :

Portalkripto.com — Exchange kripto FTX dilaporkan tengah mempertimbangkan untuk mengakuisisi Robinhood Markets. Robinhood merupakan perusahaan jasa keuangan Amerika yang juga mengembangkan aplikasi trading kripto.

Meski belum ada keputusan dari FTX, pada Senin, 27 Juni 2022, Bloomberg melaporkan, sebuah sumber anonim mengatakan langkah tersebut sedang dipertimbangkan dengan serius.

Namun, FTX disebutkan belum memberikan proposal akuisisi secara resmi. Perusahaan tersebut masih memiliki kemungkinan untuk tidak mengajukan penawaran itu.

Kepada Bloomberg, CEO FTX Sam Bankman-Fried mengatakan perusahaannya sangat terbuka untuk menjalin kerja sama dengan Robinhood. Akan tetapi, sejauh ini tidak ada pembahasan mengenai merger dengan platform itu.

“Kami sangat senang dengan prospek bisnis Robinhood dan tertarik untuk bermitra dengan mereka. Meskipun demikian, tidak ada percakapan tentang M&A dengan Robinhood,” ujarnya.

Ini bukan yang pertama kalinya Bankman-Fried dikaitkan dengan Robinhood. Pada Mei lalu, ia dilaporkan membeli 7,6% saham Robinhood senilai $650 juta.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Crypto.com Hapus DOGE dan SHIB dari Layanan Crypto Earn

Arus Keluar Aset Kripto Investor Institusional Alami Lonjakan


Pada saat itu, Bankman-Fried mengatakan, pembelian saham itu menunjukkan bahwa ia percaya Robinhood bisa menjadi investasi yang menarik. Namun, ia tidak berniat untuk memengaruhi kebijakan internal perusahaan.

FTX masih berdiri tegak meski crypto winter ada di depan mata. Perusahaan tersebut belum lama ini menawarkan bailout $250 juta kepada platform pemberi pinjaman Bitcoin, BlockFi.

Awal bulan ini, FTX juga menandatangani perjanjian untuk membeli platform kripto asal Kanada, Bitvo, dengan nilai yang masih dirahasiakan. Di tengah maraknya PHK massal, FTX bahkan menyatakan tidak akan mengurangi karyawannya.

Sebaliknya, Robinhood telah kehilangan sekitar tiga perempat nilai pasarnya sejak debut di bursa saham Nasdaq pada Juli 2021. Harga saham Robinhood naik 13% pada Senin lalu, tetapi secara umum turun 75% dari penawaran perdana.

Pada kuartal pertama 2022, pendapatan bersih Robinhood turun 43% dari tahun ke tahun menjadi $299 juta. Pendapatan terkait kripto juga turun 39% menjadi $54 juta selama periode yang sama.

Saham HOOD meroket sekitar 14% menjadi $9.12 setelah kabar akuisisi FTX mencuat. Harganya sempat mencapai titik terendah sepanjang masa di $6,89 beberapa minggu yang lalu.