Kapitalisasi Pasar DeFi Turun 74,6% di Q2 2022

Share :

Portalkripto.comDecentralized finance (DeFi) mengalami penurunan kapitalisasi pasar 74,6% di Q2 2022. Dalam sebuah laporan yang dirilis CoinGecko pada Rabu lalu, tercatat kapitalisasi pasar DeFi secara keseluruhan turun dari $142 juta menjadi $36 juta selama kuartal kedua ini.

Pengaruh terbesar dari penurunan ini adalah ambruknya Terra dan stablecoinnya, UST, pada Mei lalu. Selain itu, banyaknya peretasan dan pencurian kripto juga turut berkontribusi.

Inverse Finance dan Rari, misalnya, masing-masing mengalami peretasan dengan kerugian sebesar $1,2 juta dan $11 juta.

“Serangan ini berdampak negatif pada harga token karena investor kehilangan kepercayaan pada protokol yang diretas ini,” tulis CoinGecko.

Namun, CoinGecko juga mencatat, meski aktivitas on-chain melambat, industri DeFi berhasil mempertahankan sebagian besar pengguna aktif hariannya. Jumlah pengguna aktif harian di DeFi hanya turun 34,5% dari 50.000 menjadi 30.000 di Q2.

Tercatat ada juga beberapa lonjakan aktivitas DeFi. Lonjakan pertama terjadi pada Mei lalu setelah keruntuhan Terra, yang menyebabkan pengguna pindah massal ke Curve Finance dan Uniswap untuk menjual Terra (LUNA) dan USTC yang jatuh.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Celsius Kekurangan Dana $1,2 Miliar untuk Bayar Utang

Terimbas Crypto Winter, OpenSea PHK 20% Pekerjanya

Analisis Pergerakan Harga BTC dan ETH, 15 Juli 2022


Lonjakan lain dalam aktivitas DeFi terjadi pada Juni lalu, ketika platform pinjaman kripto Celsius menghentikan aktivitas jaringan dengan alasan kesulitan keuangan. Celsius kemudian mengajukan kebangkrutan pada Rabu kemarin.

“Dalam dua peristiwa kegagalan entitas ini pengguna berbondong-bondong untuk menikmati DeFi yang aktivitasnya tidak perlu izin,” kata CoinGecko.

Volume Perdagangan NFT Turun

Laporan tersebut juga menunjukkan volume perdagangan token nonfungible (NFT) turun 26,2% dari puncaknya pada Juni 2021 menjadi $7,6 miliar pada kuartal kedua tahun ini. Ini disebabkan oleh penurunan volume perdagangan NFT di jaringan Ethereum.

Juni 2022 juga mencatat volume perdagangan NFT terendah dalam 12 bulan, dengan jumlah mencapai $830 juta, bertepatan dengan jatuhnya harga dasar atau floor price NFT.