Kegunaan Fan Token untuk Supporter, Dari Tiket hingga Suara di Klub

Share :

Portalkripto.comToken fan adalah salah satu jenis aset kripto yang memungkinkan pemegangnya mengakses berbagai fasilitas keanggotaan seperti memberikan suara pada keputusan klub, mendapatkan hadiah, dan pengalaman unik lainnya.

Berbeda dengan NFT yang tak bisa ditukar, token fan dapat dipertukarkan di antara sesama penggunanya. Artinya, seperti fiat atau uang tunai, token dapat ditukar dengan merchandise klub olahraga, pengalaman nonton di kelas VIP, dan lainnya. Token fan memainkan peran penting dalam mempererat hubungan antar klub dengan penggemarnya.

Sementara itu, token fan mendapatkan nilanya dari seberapa besar penggemar berpartisipasi dengan klub kesayangannya.

Cara Kerja Token Fan

Penggemar sebuah klub olahraga dapat membeli token digital dan memperdagangkannya seperti mata uang kripto lainnya. Dalam perdagangan tersebut, harga token fan ditentukan oleh penjualnya. Harganya bisa naik turun tergantung pergerakan pasar dan seberapa populer token pada saat itu.

Setelah penggemar mendapatkan akses ke sejumlah token fan, mereka diberikan hak untuk memilih (voting) terhadap rencana atau kebijakan tim. Misalnya memilih desain merchandise klub, kesempatan mendapatkan tiket VIP, menentukan lokasi pertandingan atau pemain terbaik, dan hal unik lainnya.


Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya:

Blockware: Delapan Tahun Lagi 10% Penduduk Dunia Menggunakan Bitcoin 

FTX hingga OpenSea Masuk Daftar 50 Startup Fintech Pilihan Forbes

Tak ada yang Lebih Banal Dari DOGE, Lelucon Bernilai Puluhan Milyar Dollar


Salah satu dilakukan oleh Juventus. Si Nyonya Tua ini menggelar polling yang isi “chant apa yang seharusnya dinyanyikan ketika pemain Juventus mencetak gol”. Contoh lainnya, dalam suatu pertandingan di Liga Utama Prancis, Kapten PSG Marquinhos mengenakan armband dengan tulisan “ICI C’EST PARIS”. Kata-kata tersebut dipilih oleh pemegang token fan PSG.

Melalui token fan, penggemar semakin punya suara dalam manajemen klub dan lebih terlibat dalam berbagai keputusan dan masa depan tim kesayangannya. Semakin banyak token fan yang dimiliki seorang penggemar, semakin besar pula pengaruhnya dan itu menunjukkan seberapa besar loyalitasnya.

Token Fan di Sepakbola

Salah satu aplikasi penyedia token fan adalah Socios yang bermitra dengan sejumlah klub olahraga terkenal dunia dari berbagai cabang seperti sepakbola, basket, balapan, UFC, hoki es, tenis, MLS, hingga gaming.

Di sepakbola, Socios menjalin kerja sama dengan tim elite Eropa seperti Barcelona, Juventus, Paris Saint-Germain (PSG), AC Milan, As Roma, Atletico Madrid, Arsenal, dan Inter Milan. Sedangkan di Liga Utama Sepak Bola Amerika Serikat atau MLS, 26 dari 28 klub anggotanya sudah bemitra dengan Socios.

Klub terbaru yang mengumumkan kerja sama dengan Socios adalah Persib Bandung. Klub yang berasal dari Kota Kembang ini dikenal sebagai klub dengan basis komunitas digital terbesar di Asia dan fanatismenya yang tinggi.

Menurut data coinmarketcap.com (diambil 10 Juni 2022, 15.00 WIB), 10 fan token dengan kapitalisasi pasar tertinggi pada saat artikel ini dibuat adalah

1. PSG $24,679,080
2. Lazio $22,713,874
3. Santos $21,545,659
4. Man City $19,681,144
5. Barcelona $19,480,073
6. Porto $18,348,404
7. AC Milan $12,517,877
8. Galatasaray $11,292,848
9. Inter Milan $9,530,205
10. Atletico $8,854,852

Kehadiran token fan ini dipercaya akan membuat industri olahraga semakin menarik dan menghibur, seperti yang disampaikan pendiri socios Alexandre Dreyfus, “Kami ingin membantu monetisasi klub olahraga dengan memanfaatkan dukungan dari penggemarnya.”

 

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.