Komisi Sekuritas & Exchange AS Punya Ketua Baru, Seberapa Besar Pengaruh ke Cryptocurrency?

Portalkripto.com– Komisi Sekuritas dan Exchange (SEC) Amerika Serikat baru saja mengumumkan Gary Gensler sebagai ketua baru. Gensler ditunjuk oleh Presiden AS Joe Biden untuk menangani komisi tersebut di tengah gelombang cryptocurrency yang semakin tak terbendung perkembangannya.

Dikutip dari Coindesk, Gensler sebelumnya memimpin Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas Federal (CFTC) AS. Ia bertugas mengawasi implementasi peraturan baru seputar derivatif atau kontrak bilateral setelah krisis keuangan 2008. 

Dalam pernyataannya pada sesi  fit and proper test di Komite Perbankan Senat, bulan lalu, Gensler memiliki komitmen agar SEC tetap melindungi segala bentuk inovasi baru yang terjadi di dunia keuangan.

LIHAT JUGA: Pemerintah Amerika Serikat Selidiki Perizinan Binance

Namun, ia pun mengungkapkan keamanan dan kepastian para investor tetap menjadi prioritasnya. 

“Bitcoin dan mata uang kripto lainnya telah membawa pemikiran baru untuk pembayaran dan inklusi keuangan, tetapi mereka juga mengangkat masalah baru tentang perlindungan investor yang masih perlu kami tangani,” ujarnya seperti dikutip dari Coindesk, 14 April 2021.

Gensler menjabat sebagai ketua SEC di tengah tuntutan masyarakat AS–khususnya yang memegang aset kripto–agar segera menetapkan regulasi yang menangani cryptocurrency. 

SEC menjadi bahan perbincangan di komunitas cryptocurrency setelah pihaknya menggugat Ripple (XRP) atas tudingan melanggar undang-undang sekuritas federal dengan membuat exchange tanpa izin. 

Gugatan tersebut masih berlangsung di pengadilan. Hanya saja Ripple memiliki kesempatan untuk mengajukan permohonan atau motion untuk menghadirkan keterangan dari sejumlah pemegang koin XRP. Hal itu dilakukan untuk membantah tudingan SEC bahwa Ripple adalah exchange ilegal.

LIHAT JUGA: XRP Hanya Butuh Kemenangan Kecil di Pengadilan untuk Menggerakan Pasar

Gugatan tersebut sempat membuat harga XRP merosot tajam. Namun, saat hakim pengadilan mengabulkan permohonan Ripple untuk membuat motion, dalam waktu satu pekan, harga XRP melonjak 126%.[]itlzs/portakripto.com

 

Untuk analisa lebih mendalam yuk berlangganan konten premium

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.