Portalkripto.com — Layanan pembayaran global Mastercard memperluas jaringannya ke pasar nonfungible token (NFT) dan Web3. Penyedia layanan keuangan itu mengumumkan, perusahaannya telah berupaya untuk masuk ke dunia NFT sejak setahun terakhir.
Mastercard bekerja sama dengan sejumlah NFT marketplace untuk mengizinkan 2,9 miliar pemegang kartunya membeli NFT secara langsung tanpa perlu membeli aset kripto terlebih dahulu.
Saat ini, kolektor harus memiliki kripto untuk menawar dan membeli NFT. Namun, dengan Mastercard, miliaran pemegang kartu sekarang bisa melakukan proses itu secara langsung.
“Integrasi ini didesain untuk membuat kripto lebih mudah diakses dan membantu ekosistem NFT tetap tumbuh, berinovasi, dan mendapatkan lebih banyak penggemar,” ujar Mastercard dalam pernyataan resmi, dikutip Cointelegraph.
Mastercard menyatakan telah bekerja sama dengan beberapa NFT marketplace yaitu Immutable X, Candy Digital, The Sandbox (SAND), Mintable, Spring, Nifty Gateway, dan penyedia infrastruktur Web3, MoonPay.
Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya:
Berambisi Menaklukan Web3, Jack Dorsey Kembangkan Web5
Do Kwon Layak Dipenjara Jika Terbukti Menarik $80 Juta Sebelum Luna Crash
Blockware: Delapan Tahun Lagi 10% Penduduk Dunia Menggunakan Bitcoin
Layanan pembelian NFT dengan kartu pertama kali telah diluncurkan pada Januari tahun ini dalam kemitraan Mastercard dengan Coinbase. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membeli NFT secara langsung dengan menggunakan kartu kredit.
Keputusan Mastercard untuk memperluas jaringannya ke ekosistem NFT yang berkembang pesat juga didasarkan pada survei terbaru perusahaan itu terhadap 35.000 responden dari 40 negara.
Survei tersebut menunjukkan 45% konsumennya telah membeli NFT atau sedang mempertimbangkan untuk melakukannya. Sebanyak 50% konsumen yang disurvei juga menunjukkan minat terhadap opsi yang lebih fleksibel untuk melakukan pembelian NFT.
Mastercard juga berupaya menawarkan keamanan kelas dunia kepada pelanggannya dalam opsi pembayaran NFT terbaru ini, yang diklaim mirip dengan transaksi di toko atau online dengan kartu Mastercard.
Perusahaan raksasa ini telah menunjukkan minat yang besar pada pasar kripto dan NFT selama beberapa tahun terakhir. Awal April tahun ini, Mastercard mengajukan 15 merek dagang terkait metaverse dan NFT.
Dua perusahaan layanan pembayaran lainnya, Visa, juga sebelumnya meluncurkan program imersi pada Maret lalu untuk memungkinkan pembuat konten membangun bisnis mereka dengan NFT.