Mengapa Koin Aptos (APT) Bisa Naik 150% dalam Sepekan?

Share :

Portalkripto.com — Koin Aptos (APT) tercatat sebagai kripto dengan kinerja terbaik sepanjang 2023. Dalam sepekan ini, APT bahkan melesat naik hingga 150%, menurut data CoinMarketCap.

Pada Kamis, 26 Januari 2023, APT kembali menyentuh titik tertingginya sepanjang masa atau all-time high (ATH) di $19,25. Jika tren kenaikan ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin APT akan terus mencapai ATH.

Dalam 24 jam terakhir saja, APT sudah naik hingga hampir 50%. Total kenaikannya cukup fantastis, mencapai 350% di sepanjang 2023.

Pergerakan APT dalam 24 jam terakhir. (sumber: CoinMarketCap)

Menurut laporan Decrypt, setengah dari volume perdagangan APT yang mencapai $2 miliar, berasal dari trading pair APT/KRW di exchange berbasis Korea Selatan, UpBit. Harga APT di UpBit bahkan lebih mahal dari harga jual di Binance dan di exchange lain.

Diduga tingginya aktivitas jual beli APT berasal dari mekanisme perdagangan arbitrase. Trader akan membeli koin dengan harga rendah di exchange lain dan menjualnya dengan harga tinggi di UpBit untuk mendapatkan untung.

Trading pair APT/KRW di UpBit. (sumber: UpBit)

Exchange Korea Selatan biasanya menjual aset kripto dengan harga lebih mahal daripada exchange global lainnya. Perbedaan ini biasanya disebut dengan Kimchi Premium.

Tahun lalu, Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul membuka investigasi terkait pengiriman dana ilegal sebesar 2 miliar won yang diduga hasil dari perdagangan arbitrase.


BACA JUGA


Faktor-faktor Pendorong Kenaikan Koin Aptos (APT)

Perlu diingat, meski ada dugaan aksi perdagangan arbitrase, ekosistem decentralized finance (DeFi) di jaringan Aptos juga terus meningkat sepanjang tahun ini. Total value locked (TVL) DeFi di blockchain buatan eks pegawai Meta/Facebook ini yang mencapai $14 juta bulan lalu, kini telah melesat menjadi $58,58 juta.

TVL DeFi Aptos. (sumber: DefiLlama)

Tercatat 10% volume perdagangan di Aptos dalam beberapa hari terakhir ini juga berasal dari trading pair APT/BUSD di Binance. Exchange terbesar di dunia itu bahkan pada 20 Januari lalu memperkenalkan dua liquidity pool untuk APT, yakni APT/USDT dan APT/BTC, yang menyumbang 18% dari volume perdagangan APT.

Liquidity pool yang biasanya digunakan dalam decentralized exchange (DEX), bisa mendorong perdagangan aset kripto peer-to-peer. Di Binance, pengguna akan mendapatkan rewards token BNB dengan menyimpan tokennya di liquidity pool itu sebagai liquidity provider.

Saat ini, Binance menjanjikan imbal hasil 92,42% di liquidity pool APT/USDT dan 99,49% di liquidity pool APT/BTC. Dengan demikian, pengguna bisa menerima 0,71% dan 1,07% reward BNB dari masing-masing liquidity pool, yang dibayarkan setiap jam.