🔥 HOT TOPIC :

Peluang Besar Industri Olahraga di Ekosistem Blockchain

Share :

Portalkripto.com — Teknologi blockchain terus berkembang selama 13 tahun terakhir. Inovasi terus muncul dan merambah berbagai industri, termasuk ke dunia olahraga.

Blockchain pertama kali diperkenalkan di sektor olahraga melalui fan token dan NFT. Sejak saat itu, perusahaan fintech raksasa Deloitte mulai menyoroti potensi ekosistem kripto yang belum banyak dimanfaatkan untuk membuka pasar lebih luas di bidang ini.

Dalam studi terbarunya, Deloitte, salah satu dari Big 4 (4 kantor akuntan publik terbesar di AS), mendorong adanya inovasi di dunia olahraga berkaitan dengan teknologi blockchain. Hal itu akan membuat penggunaan NFT dan fan token semakin tumbuh dan berkembang.

Deloitte juga berharap dunia olahraga bisa segera menghubungkan penonton dengan penjualan tiket melalui blockchain. Langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan NFT sebagai tiket dan rewards kepada penggemar.

“Akan ada jalinan yang terbentuk antara koleksi (NFT olahraga), tiket, dan pertandingan. Kami melihat potensi (kripto), serta adanya pasar baru yang bisa dituju,” ujar Deloitte, dikutip Cointelegraph.


Jelajahi Artikel Lain:

Bagaimana Blockchain bisa Mendorong Kualitas Jurnalisme?

Tak Sekedar Koleksi, NFT Bisa Mengubah Industri Tiket

Industri Musik Semakin Dekat dengan NFT, Apa Saja Proyeknya?


Hal ini bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi penyelenggara dan klub olahraga karena smart contract akan mempermudah proses jual beli tiket.

Namun, Deloitte mengungkap empat faktor utama yang perlu dipertimbangkan sebuah ekosistem blockchain jika ingin masuk ke dunia olahraga. Pertama adanya standar baru, kedua mengedukasi para penggemar olahraga, ketiga mematuhi crypto compliance, dan keempat implikasi pajak.

Selain itu, studi Deloitte juga mengungkapkan NFT bisa mengkatalisasi penggabungan antara dunia fisik dan virtual dalam sektor olahraga. Perusahaan ini memprediksi akan ada lebih dari $2 miliar transaksi NFT terkait olahraga pada 2022 ini.

Sejalan dengan laporan Deloitte tentang tren NFT yang meningkat di industri olahraga, perusahaan media Australia, Basketball Forever, baru-baru ini juga meluncurkan Hoop Hounds.

Hoop Hounds merupakan sebuah proyek NFT yang bertujuan untuk memperluas keterlibatan penggemar National Basketball Association (NBA) dengan menyediakan utilitas khusus untuk mereka.

Pendiri Basketball Forever, Alex Sumsky, mengatakan teknologinya lebih dari sekadar token. Basketball Forever menawarkan 8.888 NFT bergambar animasi anjing dengan berbagai karakter pemain NBA, yang masing-masing memiliki keunikan dan tingkat kelangkaan yang berbeda.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.