Pertumbuhan Gamefi Semarakan Pasar Crypto

Portalkripto.com– Gamefi menjadi fenomena bar di tengah riuh-rendahnya pasar crypto. Tren Gamefi kini malah bersaing dengan industri non fungible-token (NFT) yang sempat menarik perhatian pasar sejak awal tahun 2021.

Gamefi merupakan kombinasi teknologi antara game dan juga keuangan terdesentralisasi (DeFi). Saat ini developer Gamefi mulai merancang bisnisnya, setelah melihat kesuksesan Decentrland dan My Neighbor Alice. 

Melonjaknya Gamefi ini pun diamini oleh CEO Binance Changpeng Zhao (CZ) dalam salah satu cuitannya di Twitter pribadinya baru-baru ini. Ia mengatakan bahwa Gamefi saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

http://

Gamefi merupakan gamifikasi keuangan dimana setiap gamer atau trader yang bermain game di coin-coin cryptocurrency yang menyediakan fitur Gamefi bisa mendapatkan keuntungan dari bermain game di platform tersebut.

LIHAT JUGA: Bitcoin Sentuh US$ 40 Ribu, Ini Faktor yang Sebabkan Harganya Kembali Turun

Keuntungan yang didapatkan bisa berbagai macam tergantung dari mekanisme play to earn  yang ditawarkan oleh dari pihak developer gamefi tersebut, ada yang berupa reward, harvest, buy & sell item atau karakter di game dan juga bisa collecting NFT.

Tren Gamefi ini membuat coin dan token Gamefi mengalami kenaikan yang besar dalam waktu sebulan ini, seperti AXS yang mengalami kenaikan sebesar 944 % selama bulan Juli, dari harga awal bulan Juli sekitar US$ 5 dan harga tertinggi nya menembus sekitar US$ 53,5.

Kenaikan harga yang sangat signifikan ini juga diikuti oleh coin dan token game lainnya seperti Alice, Mana, Sand, TLM dan banyak lainnya.

LIHAT JUGA:  Amazon Bantah akan Gunakan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran

Selain kenaikan harga yang sangat signifikan, token-token yang baru muncul di DEX juga dipenuhi oleh token yang mengusung Gamefi, salah satu token DEX yang menjadi perbincangan adalah token SKILL yang dalam kurun waktu satu bulan bisa menembus harga tertingginya US$ 206 dari harga awal nya sekitar US$ 1.

 

Penulis: Galih Muhamad/Portalkripto.com