Portalkripto.com — Brand fashion mewah Prada akan meluncurkan NFT dan diberikan secara cuma-cuma kepada mereka yang melakukan pembelian dalam program Timecapsule Prada yang digelar, Kamis 2 Juni 2022.
Prada menambah deret panjang brand mewah yang meluncurkan NFT setelah Lancome, Balenciaga, dan Gucci.
Program Timecapsule Prada ini pertama kali digelar pada Desember 2019 dengan mengeluarkan koleksi edisi terbatas yang dijual setiap Kamis pertama setiap bulannya. Dalam inovasinya, Prada selain meluncurkan koleksi baru dan terbatasnya juga menambahkan NFT yang diberikan secara gratis.
From June 2nd #PradaTimecapsule customers will have the chance to become the first owners of Prada NFT by purchasing a Timecapsule product which also sees #NFT gifted. #Prada also launches #PradaCrypted the brand’s new community server on Discord. https://t.co/0ZZMaeKL1B pic.twitter.com/WofZryJp2K
— PRADA (@Prada) May 30, 2022
Pada Timecapsule Prada yang akan digelar Kamis 2 Juni 2022, item Prada yang dijual akan dilengkapi dengan NFT bergambar kapsul pil dan dicadangkan di blockchain Ethereum. Jumlah NFT yang akan dibagikan sebanyak 100 item.
Salah satu koleksi yang akan diluncurkan besok adalah kemeja unisex berkancing hitam atau putih yang dirancang oleh seniman Cassius Hirst, putra seniman NFT Damien Hirst .
NFT tersebut akan memberikan akses khusus kepada pemiliknya, yang semuanya akan terungkap di server Discord baru Prada “Prada Crypted,” yang akan diluncurkan di hari yang sama.
Peluncuran NFT terbaru Prada ini diinisiasi oleh Aura Blockchain Consortium, sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh LVMH, Prada, dan Cartier. Aura menggunakan Quorum, layanan blockchain perusahaan berbasis Ethereum.
Phygital, Trend yang Sedang Hype
Bagi Prada, NFT bukanlah hal asing. Sebelumnya, pada awal tahun 2022, Prada bermitra dengan Adidas meluncurkan NFT yang terinspirasi Beeple.
Jelajahi Artikel Lain:
Dampak Pasar Kripto yang Bearish, Penjualan NFT Ikut Turun
NFT di Jaringan Ethereum Melesu, Proyek Solana Terus Tumbuh
eBay Luncurkan NFT Pertamanya Seharga Rp145.570
Dalam beberapa waktu terakhir, banyak brand fashion mewah yang bereksperimen dengan peluncuran Phygital yaitu cara marketing untuk mem-bundling barang dagangan dengan NFT yang memiliki utilitas atau dapat digunakan untuk game blockchain.
Brand kecantikan Lancôme baru-baru ini mengumumkan peluncuran kotak hadiah khusus dengan NFT eksklusif untuk liburan ke China.
Sementara Balenciaga meluncurkan game piksel animasi dan avatar NFT untuk liburan ke sejumlah destinasi terkenal di China. Biasanya liburan ini dirayakan dengan festival di kehidupan nyata, tetapi karena pandemi di Shanghai, Shenzhen, dan Beijing, kali ini dibuat secara online.
Brand mewah pertama yang memperkenalkan NFT, Gucci, baru-baru ini meluncurkan “Kota Gucci” di Roblox. Game ini menawarkan permainan dan tas tangan virtual kepada pemain dengan imbalan Robux, mata uang virtual di Roblox yang dapat dibeli dengan kartu kredit.
Gucci bahkan memiliki tim Web3 sendiri yang disebut tim “Dream Big” yang dibuat untuk melakukan banyak eksperimen di area blockchain dan kripto dan memonetisasinya menjadi sumber pendapatan baru yang berkelanjutan.