Analisis Pergerakan Harga BTC dan ETH, 7 Juli 2022

Share :

Portalkripto.com — Kebangkrutan platform investasi kripto Three Arrow Capital dan Voyager Digital berdampak cukup signifikan pada pasar kripto. Namun pada 6 Juli 2022 kemarin, perdagangan terlihat cukup tenang.

Investor kripto juga tampaknya masih menunggu dampak kenaikan dolar AS dalam pembukaan Bursa saham Amerika Serikat (AS). Hari ini, US Dollar Index (DXY) berhasil mencapai level 106,97, yang belum pernah dicapai sejak Desember 2002.

Kenaikan harga dolar ini pun berimbas pada penurunan mata uang lain, seperti Euro, Rupiah dan lainnya. Sementara koefisien korelasi antara Bitcoin dan dolar AS juga sempat membuat nilai Bitcoin menyentuh nilai terendah harian kemarin.

Berikut analisis teknikal harga Bitcoin dan Etherum hari ini berdasarkan daily candle chart (1 day) dari analis Portalkripto.com, Arly Fauzi.

BTC/USDT (1 day, Binance)

Pergerakan BTC menggunakan candle 1 hari, pagi ini ditutup pada harga $20,564. Harga tersebut lebih tinggi dari penutupan daily candle pada 5 Juli 2022 yang juga membentuk sebuah doji. Meski begitu, penutupan volume masih lebih rendah dari 5 Juli 2022.

Pergerakan harga Bitcoin saat ini terlihat sedang mencoba untuk breakout dari pola symetrical triangle pattern. Jika pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout, maka target kenaikan selanjutnya berada pada level $21,753 yang merupakan resistance pada 26 Juni 2022 dan dynamic resistance pada EMA25, dan terget kenaikan apabila breakout berada pada harga $24,823 yang merupakan dynamic resistance dari EMA50.

Apabila pergerakan harga Bitcoin mengalami rejection, kemungkinan harga Bitcoin akan koreksi hinggal ke level $18,595 dan kemungkinan untuk skenario terburuknya bisa turun hingga mencapai level $17,623.

ETH/USDT (1 day, Binance)

Sama hal nya dengan Bitcoin, penutupan daily candle Ethereum pagi ini lebih tinggi dari 5 Juli 2022, yaitu pada harga $1,186. Meski begitu, penutupan volume masih lebih rendah dari 5 Juli 2022.

Pergerakan harga Ethereum saat ini sedang berusaha untuk breakout dari pola ascending triangle pattern. Target kenaikan terdekat berada pada harga $1,242 yang merupakan resistance pada 26 Juni 2022 dan dynamic resistance dari EMA25, dan target kenaikan apabila breakout berada pada harga $1,496 yang merupakan dynamic resistance dari EMA50.

Apabila pada level tersebut terjadi rejection, kemungkinan harga Ethereum akan koreksi hingga ke level $993, dan untuk skenario terbutuknya bisa turun hingga mencapai level $873.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.