Coinbase Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan Investasi BlackRock

Share :

Portalkripto.com — Exchange kripto Coinbase menjalin kerja sama dengan BlackRock, perusahaan manajemen investasi terbesar di dunia yang mengelola aset sebesar $10 triliun. Kemitraan ini memungkinkan klien institusi platform Aladdin, yang dikelola BlackRock, untuk membeli Bitcoin melalui Coinbase Prime.

Coinbase Prime adalah platform perdagangan institusional yang menyediakan layanan perdagangan, penyimpanan, pembiayaan, staking, data, dan pelaporan di lebih dari 300 aset digital. Saat ini Coinbase Prime sudah melayani lebih dari 13.000 klien.

Investor institusi Aladdin dapat mengakses Coinbase Prime secara langsung untuk menawarkan produk terkait kripto seperti dana yang diperdagangkan di bursa, layanan kustodian, dan layanan broker. Coinbase Custody Trust Company, lembaga finansial yang menjamin aset nasabah Coinbase Prime, terdaftar di Departemen Layanan Keuangan New York.

Kepala Coinbase Institutional, Brett Tejpaul, mengungkapkan, saat ini Coinbase sudah memasukkan 200 koin ke bursanya. Menurut CoinMarketCap, volume perdagangan di Coinbase dalam 24 jam terakhir mencapai $1,6 miliar yang 70% di antaranya berasal dari klien institusi.

“Strategi Coinbase adalah menyediakan satu platform yang bisa membebaskan siapapun untuk melakukan semua hal yang diinginkan dengan kripto, seperti beli, jual, simpan, stake, dan lainnya,” ujar Tejpaul kepada Decrypt.

“Kerja sama dengan Aladdin, yang bisa memberikan akses modal ke kripto sebesar $20 triliun, adalah suatu hal yang besar untuk Coinbase dan untuk industri kripto,” tambahnya.

Menurutnya, minat institusi untuk memasuki pasar kripto tidak berkurang meski pasar saat ini masih bearish.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Meta Integrasikan Instagram dengan Wallet Kripto

Nomad Bridge Jadi Sasaran Pencurian Kripto, $190 Juta Lenyap


“Perusahaan raksasa yang bergerak lambat ini membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mempertimbangkan aset digital, kripto,” katanya.

Dalam sebuah pernyataan resmi, BlackRock mengatakan kerja sama ini memungkinkan klien untuk melacak investasi kripto bersamaan dengan portofolio mereka.

“Konektivitas dengan Aladdin ini memungkinkan klien untuk mengelola kepemilikan Bitcoin mereka secara langsung dalam portofolio yang sudah mereka miliki secara keseluruhan,” kata Kepala kemitraan ekosistem strategis global BlackRock, Joseph Chalom.

Kerja sama dengan BlackRock dinilai sebagai langkah besar bagi Coinbase di tengah banyaknya guncangan. Pada Juni lalu, exchange ini memberhentikan 18% pekerjanya dan sepanjang tahun ini saham COIN turun hingga 60%.

Tak hanya itu, mantan manajer Coinbase ditangkap atas tuduhan insider trading. Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC) AS juga dilaporkan sedang menyelidiki dugaan Coinbase sedang memperdagangkan sekuritas.

Saham Coinbase melonjak hingga 40% pada Kamis (4/6) sesaat setelah kabar kerja sama dengan BlackRock ini diumumkan ke publik.

Ini bukan pertama kalinya BlackRock terjun ke dunia kripto. Pada April lalu, perusahaan ini bekerja sama dengan iShares Blockchain and Tech ETF (IBLC), yang memungkinkan investor untuk memanfaatkan teknologi blockchain tanpa harus berinvestasi di aset digital.