Dibandingkan Solana, Volume Penjualan NFT Ethereum Masih Stabil

Share :

Portalkripto.com — Penjualan NFT di marketplace  terbesar, OpenSea, menunjukkan, angka penjualan aset di jaringan Ethereum bulan ini relatif stabil jika dibandingkan dengan Juni lalu.

Menurut platform analitik Dune, sekitar 1,61 juta NFT Ethereum terjual per 29 Juli di OpenSea atau lebih tinggi dibandingkan dengan dengan penjualan pada Juni sebanyak 1,54 juta NFT.

Jumlah trader unik juga sedikit meningkat dari 393.000 pada Juni menjadi lebih dari 400.000 pada Juli.

Meski jumlah transaksi NFT di OpenSea meningkat bulan ini, volume perdagangannya, yang dihitung dalam dolar AS, menurun. Dune mengungkapkan, volume perdagangan NFT Ethereum per 29 Juli ini tercatat sebesar $495 juta, cukup anjlok jika dibandingkan pada Juni lalu sebesar $695 juta.

Jika tren perdagangan NFT harian di OpenSea berlanjut hingga 31 Juli, volumenya diperkirakan bisa mencapai $530 juta. Dengan demikian, penurunan dari Juni ke Juli mencapai 24%.

Namun persentase itu masih jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan penurunan volume perdagangan NFT Ethereum dari Mei ke Juni yang mencapai 73% karena crypto crash.

Sementara menurut platform analitik CryptoSlam, harga jual rata-rata NFT Ethereum pada bulan ini mencapai $451 per NFT. Angkanya lebih rendah daripada Juni lalu sebesar $691 per NFT.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Dalam Dua Bulan, Negera Terima Pemasukan Rp48,19 Miliar dari Pajak Kripto

Sudah Rugi, Metaverse Milik META Digugat Atas Dugaan Monopoli


Kedua angka itu turun tajam dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Pada Mei lalu, harga rata-ratanya mencapai $2.436 per NFT dan pada April mencapai $3.109 per NFT.

Penurunan tersebut mungkin disebabkan oleh penurunan harga ETH. Pada Mei, ETH diperdagangkan di atas $3.000 dan sekarang turun hingga sekitar $1.700.

OpenSea bukan satu-satunya marketplace NFT Ethereum, tetapi merupakan yang terbesar berdasarkan volume perdagangan organik. Sebesar 82% perdagangan NFT Ethereum dilakukan di platform ini sehingga dinilai bisa merepresentasikan tren perdagangan NFT secara keseluruhan.

Penjualan NFT Solana Turun Signifikan

Di sisi lain, aktivitas perdagangan NFT di blockchain Solana terpantau melambat secara signifikan. CryptoSlam mengungkapkan, volume perdagangan NFT Solana pada bulan ini turun 43% dibandingkan dengan Juni, dari $91,5 juta menjadi $52,4 juta.

Hingga 29 Juli, penjualan bulanan NFT Solana sudah mencapai 1,45 juta atau turun dari 1,56 juta pada Juni. Sementara trader uniknya turun dari 136.000 pada Juni, menjadi 110.000 pada Juli ini.

Harga jual rata-rata NFT Solana turun dari $212 pada Mei menjadi di bawah $59 pada Juni, dan kini $36 pada Juli. Sama seperti ETH, nilai token asli Solana, SOL, bulan ini juga anjlok hingga dua kali lipat.

Koleksi NFT terpopuler dalam 30 hari terakhir adalah Bored Ape Yacht Club (BAYC) dengan volume perdagangan lebih dari $52 juta. Lalu ada CryptoPunks dengan volume perdagangan $49 juta.

NFT adalah token yang merepresentasikan kepemilikan suatu aset digital seperti karya seni, gambar profil, hingga item video game. Menurut data DappRadar, pasar NFT berhasil menghasilkan volume perdagangan hingga $25 miliar pada 2021 dan $20 miliar pada paruh pertama 2022.