Ethereum Segera Bertransformasi dari PoW ke PoS dalam Hitungan Bulan

Share :

Portalkripto.com — Tim Beiko dari Ethereum Foundation mengestimasi, transisi Ethereum dari Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS) akan dilakukan pada 19 September 2022.

Proses yang disebut ‘The Merge’ ini selain mengurangi penggunaan energi jaringan hingga 99,95%, juga dinilai bisa meningkatkan keamanan dan penskalaan.

Beiko, yang merupakan engineer Ethereum, menyampaikan estimasinya itu dalam PoS Implementers Call. Selain mengungkap tanggal The Merge, Beiko juga mengungkap timeline perkembangan Ethereum.

Meski sudah ada tanggal pasti, Beiko berulang kali mengatakan di Discord, Twitter, dan panggilan Zoom dengan komunitas Ethereum, bahwa tanggal The Merge sangat mungkin untuk berubah.

Apa itu The Merge?

Dalam mekanisme konsensus PoW yang digunakan Ethereum dan juga Bitcoin, para penambang bersaing untuk mengamankan jaringan dengan memecahkan teka-teki kompleks. Tetapi, mekanisme ini banyak dikritik karena biaya energinya yang tinggi.

Sementara dalam mekanisme konsensus PoS yang diadopsi oleh Solana dan Tezos, penambang diganti dengan validator. Di Ethereum, validator dapat mempertaruhkan 32 ETH untuk mendapatkan kesempatan dipilih secara acak untuk bisa menambahkan blok ke rantai.

Di PoW maupun PoS, penambang dan validator akan sama-sama mendapatkan rewards jika berhasil menambahkan blok ke rantai.

Update dari PoW sudah tercatat di roadmap Ethereum sejak jaringan ini diluncurkan pada 2015. Namun, karena untuk mewujudkan ‘Ethereum 2.0’ cukup rumit, prosesnya berlangsung selama bertahun-tahun.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Kapitalisasi Pasar DeFi Turun 74,6% di Q2 2022

Celsius Kekurangan Dana $1,2 Miliar untuk Bayar Utang

Terimbas Crypto Winter, OpenSea PHK 20% Pekerjanya


The Merge tampaknya tidak akan mengurangi gas fee Ethereum yang relatif tinggi dan mempercepat transaksi. Akan tetapi, dampaknya akan terasa secara signifikan dalam penggunaan energi jaringan.

Pekan lalu, Sepolia testnet Ethereum berhasil melakukan transisi ke PoS. Testnet publik ketiga dan terakhir, Goerli, akan dilakukan pada 11 Agustus mendatang.

Transisi testnet ini berfungsi sebagai semacam ‘gladi bersih’ yang membawa pengembang selangkah lebih dekat ke transisi PoS mainnet Ethereum.

ETH Melesat 14% dalam Sepekan

Proses transisi ini nampaknya berpeengaruh pada performa harga token native jaringan Ethereum. ETH tercatat membukukan keuntungan lebih dari 14% dalam sepekan. Saat laporan ini ditulis, ETH diperdagangkan di level $1,357.

ETH memimpin rally sementara pasar setelah pengumuman inflasi AS yang menyentuh 9,1%. Selain ETH, token di jaringan Ethereum pun membukukan keuntungan dalam sepekan ini.

Token Lido DAO (LDO) tercatat rally lebih dari 146% dalam sepekan. Begitupun Curve (CRV) dan Etheteum Classic (ETC) rally sebanyak dua digit.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.