Peretas Jaringan Harmony Pindahkan 30 Ribu ETH Curian ke Tornado Cash

Share :

Portalkripto.com — Perusahaan keamanan blockchain, PeckShield, mengungkap temuan pencucian uang yang diduga dilakukan oleh peretas Horizon Bridge. Jembatan yang beroperasi di jaringan Harmony itu diretas pada Kamis lalu dengan kerugian $100 juta dalam bentuk altcoin.

Sebanyak 30.000 ETH (sekitar $36 juta) dipindahkan dari wallet peretas ke layanan mixing kripto Tornado Cash mulai pukul 03.10 ET, 28 Juni 2022. Dana ini dikirim dalam tiga kali transaksi ke tiga alamat berbeda dalam kurun waktu 10 jam.

Sementara ETH senilai $64 juta masih ada di wallet Ethereum peretas. Ada dua kemungkinan yang akan dilakukan pelaku saat ini, mengembalikan sisa uang itu ke Horizon Bridge atau beristirahat sebentar sebelum kembali mengirimkannya ke Tornado Cash.

Tornado Cash bisa melakukan pencampuran maksimal 100 ETH dalam satu waktu sehingga jika ETH yang dikirimkan cukup banyak, proses pencampuran akan memakan waktu yang cukup lama.

Mencampur ETH bisa mengaburkan jalur transaksi koin sehingga transaksi sebelumnya tidak bisa dilacak kembali. Proses ini biasa digunakan untuk menyembunyikan token yang diperoleh secara ilegal.

Melalui akun Twitter resminya, Harmony mengatakan telah bekerja sama dengan dua perusahaan pelacakan dan analisis blockchain. Protokol ini juga berkolaborasi dengan FBI untuk menyelidiki tindakan kriminal tersebut.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Total Transaksi DOGE Meningkat, Harga Stabil di $0,07

Penemuan Emas 31 Juta Ton di Uganda Bakal Pengaruhi Nilai Bitcoin?


“Kami masih bersedia berdiskusi dengan peretas, tetapi akan melanjutkan penyelidikan penuh hingga ada pengembalian dana yang dicuri,” ujar Harmony.

Dalam kasus peretasan ini, Horizon Bridge kehilangan koin Wrapped Ethereum (WETH), AAVE, SUSHI, DAI, Tether (USDT), dan USD Coin (USDC) senilai $100 juta yang kemudian ditukar dengan Ethereum oleh pelaku.

Untuk bisa mendapatkan uangnya kembali, protokol Harmony pada Sabtu lalu mengumumkan telah menyiapkan hadiah $1 juta bagi siapapun yang memiliki informasi tentang pelaku peretasan. Jika pelaku menyerahkan diri dan menyerahkan dana yang dicuri, Harmony juga berjanji tidak akan melakukan tuntutan hukum.

Harmony adalah blockchain proof-of-stake layer-1 yang diluncurkan pada 2019. Horizon Bridge yang beroperasi di dalam jaringannya memungkinkan pengguna untuk mengirim kripto antarblockchain Harmony, Ethereum, Binance Chain, dan Bitcoin.

Pendiri Harmony, Stephen Tse, di Twitter telah mengatakan telah memigrasi sisi Ethereum dari Horizon Bridge ke 4-of-5 multisig usai insiden peretasan ini terjadi. Artinya, dibutuhkan empat dari 5 validator terpisah untuk memvalidasi transaksi di dalam jembatan.

“Kami akan terus melakukan langkah-langkah untuk lebih memperkuat operasi dan keamanan infrastruktur kami,” katanya.