🔥 HOT TOPIC :

Horizon Bridge Harmony Diretas, Kerugian Capai $100 Juta

Share :

Portalkripto.com — Horizon Bridge yang berada di dalam jaringan Harmony, dilaporkan diretas. Kerugian mencapai $100 juta dalam altcoin yang telah ditukar menjadi Ether (ETH).

Cointelegraph melaporkan, pada 23 Juni 2022, pukul 07.08 hingga 07.26 waktu setempat, ada transaksi mencurigakan dari berbagai token yang terjadi di Horizon Bridge.

Sejak saat itu, pelaku peretasan diduga mulai mengirim sejumlah token ke wallet yang berbeda untuk ditukar dengan ETH di decentralized exchange (DEX) Uniswap dan kemudian mengirimnya kembali ke wallet asli.

Token-token yang dicuri di antaranya Frax (FRAX), Wrapped Ether (WETH), Aave (AAVE), Sushi (SUSHI), Frax Share (FXS), AAG (AAG), Binance USD (BUSD), Dai (DAI), Tether (USDT), Wrapped BTC (WBTC), dan USD Coin (USDC).

Dalam sebuah pengumuman di Twitter, tim Harmony mengatakan telah mengidentifikasi alamat wallet peretas. Alamatnya memiliki saldo kira-kira 85.837 ETH atau sekitar $98 juta saat ini.

“Kami juga telah memberi tahu bursa dan menghentikan aktivitas Horizon Bridge untuk mencegah adanya peretasan lebih lanjut. Tim semuanya siap sedia dalam penyelidikan,” kata Harmony.

Tim Harmony juga mengatakan mereka sedang bekerja sama dengan otoritas nasional dan forensik untuk mengidentifikasi pelaku dan mengambil kembali uang yang dicuri. Jaringan itu memastikan Bitcoin dan aset-aset lainnya tidak terpengaruh oleh serangan tersebut.


Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya:

Digaet Binance, Cristiano Ronaldo Akan Luncurkan NFT Eksklusif

Meta Uji Coba NFT di Instagram Story


Horizon Bridge mengklaim sepenuhnya telah diaudit oleh perusahaan keamanan blockchain, Peckshield.

Horizon Bridge berfungsi untuk memfasilitasi transfer token antara Harmony, Ethereum, dan Binance Smart Chain (BSC), melalui serangkaian kontrak pintar yang diterapkan di ketiga rantai tersebut.

Pengguna yang memegang token kripto termasuk stablecoin, token ERC-20, atau token BEP-20 Binance dapat menukarnya dengan aset terkait di Harmony dengan rasio 1:1.

Wallet Horizon Bridge di Ethereum hanya diamankan oleh empat validator. Dan hanya perlu persetujuan dari dua validator untuk memverifikasi transaksi.

Ape Dev, pendiri perusahaan modal ventura Chainstride Capital, mengatakan, rendahnya jumlah validator untuk memverifikasi transaksi di Horizon Bridge telah memudahkan peretas untuk menguras dana di dalamnya.

Pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, juga sempat mengemukakan pandangannya terkait peretasan ‘jembatan’. Menurutnya, jika sebuah ‘jembatan’ diretas, maka likuiditas setiap blockchain yang ada di dalamnya akan terpengaruh.

Sebelumnya kasus peretasan jembatan juga beberapa kali terjadi. Pada Februari lalu, Wormhole bridge Solana diretas dengan kerugian $320 juta. Ronin bridge dari Axie Infinity juga diretas pada April dengan kerugian $620 juta.

Saat ini, [asar tampaknya belum bereaksi terhadap serangan Horizon Bridge karena harga semua koin dan token yang bersangkutan belum bergerak signifikan. Namun, ONE telah turun 10% selama 24 jam terakhir dan diperdagangkan pada $0,024.

Harmony adalah blockchain layer-1 yang menggunakan konsensus proof-of-stake dengan token asli ONE.