Platform Berbasis Blockchain Ini Bisa Lindungi Keaslian Barang Mewah

Share :

Portalkripto.com — Industri barang mewah terus memerangi para pelaku pemalsuan merek. Di beberapa negara, masih banyak yang menormalkan penjualan barang mewah tiruan yang tampak sangat mirip dengan yang asli.

Kenyataan ini memaksa sejumlah brand mewah terkenal untuk berinvestasi di sektor teknologi, seperti kecerdasan buatan (AI), guna mempermudah proses verifikasi keaslian produk mereka.

Namun tetap saja, menurut Harvard Business Review, 60%-70% dari total perdagangan barang mewah ternyata dikuasai oleh barang palsu, termasuk dalam perdagangan online.

Dalam menanggapi fenomena ini, Kalissa, sebuah start-up di Prancis, telah mengembangkan ekosistem berbasis teknologi blockchain untuk memastikan kepemilikan dan keaslian barang mewah seumur hidup.

Dengan memanfaatkan nonfungible token (NFT), pengguna dapat menjadi pemilik aset barang mewah yang bisa dijual di marketplace kripto dan terintegrasi di metaverse.


Jelajahi Artikel Lain:

Tak Sekedar Koleksi, NFT Bisa Mengubah Industri Tiket

Industri Musik Semakin Dekat dengan NFT, Apa Saja Proyeknya?

Getty Images Luncurkan NFT, Fotografer Kawakan Mendulang Cuan


Dalam menjalankan proyek ini, Kalissa bermitra dengan Gate.io dan SCAF, seorang seniman Prancis, serta banyak artis dan merk mewah terkenal.

Ekosistem Kalissa menjamin keaslian sebuah produk mewah yang dimiliki kolektor karena setiap barang terkait dengan NFT sebagai akta kepemilikan yang tercatat secara terdesentralisasi.

Tak hanya jaminan keamanan dan keaslian, ekosistem ini juga memastikan pengguna dapat memakai dan menggunakan barang eksklusif mereka tanpa rasa takut akan merusaknya.

Jika suatu barang rusak, tergores, atau bahkan diperlukan ukuran barunya, ekosistem Kalissa dapat membuat yang baru, hanya dengan membebankan biaya produksi. Meski sudah diganti, item itu tetap akan menjadi satu-satunya, sementara item yang lama akan dikirim ke produsen.

Sebagai bagian dari misi menyatukan konsumen, kolektor, pengguna, dan investor barang mewah, membeli produk di ekosistem Kalissa melalui airdrop eksklusif akan mendapatkan pengembalian beberapa persen investasi melalui sistem KALI (token Kalissa) yang terkait dengan masing-masing NFT.