Tiga Isu yang Berdampak Pada Laju Pergerakan Pasar Crypto

Portalkripto.com-Sejumlah pemberitaan dan sentimen mempengaruhi pergerakan pasar cryptocurrency dalam satu bulan terakhir ini. Pemberitaan tersebut sangat mempengaruhi psikologis trader, sehingga membuat laju pasar semakin menurun.

Kendati demikian, ada juga sejumlah isu atau pemberitaan yang lazimnya membawa dampak positif pada pasar. Berikut tiga isu positif maupun negatif yang berdampak pada kondisi pasar saat ini:

Regulasi El Salvador: Bitcoin Sah Sebagai Alat Tukar

Salah satu berita positif tentang cryptocurrency adalah disahkannya Undang-undang di El Salvador yang menjadikan  Bitcoin sebagai mata uang legal.

Komunitas crypto menyambut positif regulasi tersebut. Sampai pendiri Tron (TRX) langsung menjalin kerjasama dengan presiden El Salvador untuk membangun kantor di negara yang terletak di Amerika Tengah tersebut. 

Regulasi tersebut dinilai merupakan bagian bersejarah bagi perkembangan ekosistem cryptocurrency. Undang-undang tersebut disahkan pada 9 Juni 2021. Saat itu, kongres parlemen El Salvador yang dikuasai oleh partai penguasa telah sepakat untuk sahkan RUU Legal Tender BTC tersebut. 

Dalam undang-undang tersebut, selain disahkan sebagai alat pembayaran, Pemerintah El Salvador memiliki kewenangan untuk mewajibkan perusahaan atau unit bisnis untuk menerima Bitcoin. 

“Mereka harus mengambilnya secara hukum. Jika Anda pergi ke Meksiko, mereka harus mengambil peso Anda,” ujar Presiden El Salvador Nayib Bukele. 

LIHAT JUGA: Presiden El Salvador akan Bertemu IMF Bicarakan Legalitas Bitcoin

“Ikrar” Michael Saylor dan Jack Dorsey yang akan Total pada Crypto

Selain itu, ada beberapa pernyataan dari tokoh penting dunia, seperti Jack Dorsey selaku CEO Twitter dan Michael Saylor selaku Co-Founder MicroStrategy. Keduanya mengeluarkan statement yang bisa ditafsirkan bahwa mereka telah memantapkan diri untuk terus mendukung perkembangan cryptocurrency. 

Jack Dorsey misalnya. Ia mengaku sudah terlanjur jatuh cinta dengan Bitcoin, dan cryptocurrency secara keseluruhan.

“Bitcoin benar-benar mengubah segalanya. Dan Saya tidak berpikir ada sesuatu yang lebih penting dalam hidup saya untuk dikerjakan,” ujar Jack saat menjadi pembicara di Konferensi Bitcoin 2021, di Miami, 4 Juni 2021, dikutip dari Decrypt.co.

LIHAT JUGA: Bos Twitter “Berikrar” akan Mendedikasikan Hidupnya untuk Bitcoin

FUD dan Psywar Penentang Crypto

Tetapi tidak hanya berita baik saja yang beredar beberapa waktu lalu tersebut, ada juga isu negatif untuk cryptocurrency, khususnya Bitcoin. 

Seperti berita China yang terus melakukan isu untuk melarang penambangan cryptocurrency, dan statement Donald Trump selaku mantan Presiden Amerika kepada Fox News tentang ancaman cryptocurrency bagi mata uang Dolar.

LIHAT JUGA: Bitcoin Terperosok ke Harga US$ 33 ribu, Efek Bacotan Trump?

Selain itu, IMF pun mengeluarkan statement yang intinya menyayangkan keputusan El Salvador sahkan Bitcoin sebagai mata uang sah di negara tersebut.