Token DeFi Memimpin Kenaikan Pasar, Meski TVL Masih Lemah

Share :

Portalkripto.com — Token dengan kegunaan Decentralized Finance (DeFi) memimpin kenaikan pasar selama 7 hari terakhir. Berdasarkan data Coinmarketcap, aset kripto yang meraih keuntungan besar di tujuh hari terakhir sebagian besar diisi oleh token DeFi, diantaranya Curve Dao Token (CRC), AAVE, Convex Finance (CVX), dll.

Kapitalisasi pasar keseluruhan token DeFi pun menanjak dalam 24 jam terakhir. Pada perdagangan hari ini, 8 Juli 2022, marketcap token DeFi berjumlah $ 46 milyar naik 33,63%.

 

Namun, kondisi ini tidak paralel dengan pergerakan total value locked (TVL) di semua jaringan. TVL ini berfungsi untuk menghitung nilai keseluruhan aset yang disimpan di semua protokol DeFi atau di satu platform DeFi, dalam dolar Amerika Serikat (AS) atau mata uang fiat lain.

Lambatnya pertumbuhan TVL ini pun sangat dipengaruhi oleh crypto winter tahun ini. Menurut data DefiLlama, total value locked (TVL) gabungan di semua platform DeFi turun hingga 46% dalam kurun waktu 6 bulan sejak awal 2022.

Pada 8 Juli 2022 hari ini, TVL DeFi berada di angka $78,56 miliar. Nilainya turun dari $146,66 miliar pada 1 Januari 2022.

TVL DeFi mencapai nilai tertinggi sepanjang masa pada 2 Desember 2021 sebesar $253,91 miliar. Sejak saat itu, TVL terus turun hingga 69%.

MakerDAO (MKR) berada di posisi teratas protokol DeFi dengan TVL tertinggi sebesar $7,69 miliar dan angka dominasi mencapai 9,79%. Angka TVL protokol ini menurun cukup tajam hingga 56% dari $17,5 miliar pada 1 Januari 2022.

MakerDAO adalah platform pinjaman kripto peer-to-peer yang dibuat di jaringan Ethereum dan dikendalikan oleh smart contract. Platform ini dikenal sebagai Decentralized Autonomous Organization (DAO).

MakerDAO disusul AAVE di posisi kedua dengan TVL $6,75 miliar dan WBTC di posisi ketiga dengan TVL $5,7 miliar.

Stablecoin algoritmik dari MakerDAO, Dai (DAI), juga mencatatkan kapitalisasi pasar tertinggi dalam kategori DeFi, menurut CoinMarketCap. Saat artikel ini ditulis, kapitalisasi pasarnya mencapai $6.917.621.617.

Ethereum masih menjadi jaringan dengan TVL terbesar, lebih dari setengah dari total volume DeFi di seluruh dunia.

TVL DeFi Ethereum mencapai $49,22 miliar yang terbagi di lebih dari 500 platform. Binance Smart Chain memiliki TVL tertinggi kedua sebesar $6,28 miliar dan Tron ketiga sebesar $5,38 miliar.

Apa itu TVL?

TVL secara sederhana didefinisikan sebagai nilai total aset kripto yang terkunci dalam smart contract. TVL dipengaruhi oleh deposit, penarikan, dan jumlah aset yang dipegang oleh sebuah protokol.

Nilai TVL juga bisa berubah sesuai dengan perubahan nilai mata uang fiat atau nilai token asli protokol tersebut.

Seiring dengan terus meningkatnya popularitas dan nilai DeFi di dunia kripto, TVL menjadi metrik penting bagi investor yang ingin mengetahui apakah sebuah ekosistem atau protokol cukup sehat dan layak untuk dijadikan ladang investasi.

Dalam staking, misalnya, TVL menjadi indikator yang sangat berguna bagi investor untuk mengetahui platform DeFi mana yang memiliki rewards tertinggi.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.