Celsius Dapat Cadangan 2.000 WBTC Usai Bayar Utang $183 Juta ke Maker

Share :

Portalkripto.comCelsius dilaporkan berhasil membayar utang ke salah satu protokol decentralized finance (DeFi) terbesar, Maker. Platform pemberi pinjaman kripto ini sebelumnya disebut-sebut hampir bangkrut setelah menghentikan aktivitas jaringan dan melakukan PHK karyawan.

Sejak 1 Juli, menurut data on-chain, Celsius telah membayar utang sebesar $183 juta kepada Maker. Utang itu dilunasi dalam bentuk stablecoin asli protokol Maker, DAI.

Transaksi tersebut membuat Celsius berhasil mendapatkan kembali cadangan 2.000 Wrapped BTC (WBTC) senilai $40 juta yang dijadikan jaminan kepada Maker. Wrapped Bitcoin (WBTC) adalah token yang dikonfigurasi untuk mewakili Bitcoin (BTC) dalam blockchain Ethereum.

Celsius masih berutang 41 juta DAI atau sekitar $41 juta kepada Maker. Celsius juga memiliki cadangan 22.000 WBTC senilai $440 juta yang dijadikan jaminan dalam pinjaman tersebut sehingga jika sisa utang dilunasi, cadangan WBTC Celsius akan bertambah banyak.

“Dengan membayar utang, Celsius mungkin bisa mendapatkan kembali cadangannya yang kemudian dapat dijual di bursa atau melalui over-the-counter (di luar bursa) untuk memenuhi permintaan kreditur dan penarikan pelanggan,” kata analis Fundstrat, Walter Teng, kepada CoinDesk.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Ethereum Diprediksi Turun 40% di Tengah Ancaman Resesi

Bitcoin Mulai Ditinggalkan Investor Karbitan

Menilik Penurunan Bitcoin dari Kacamata Investor


“Mengingat pinjaman ke platform DeFi memerlukan jaminan yang banyak, masuk akal bagi mereka untuk melakukan ini. Nilai cadangan yang dijadikan jaminan akan lebih besar daripada nilai dari pinjaman itu sendiri,” ujarnya.

Celsius saat ini tengah berjuang untuk melindungi asetnya dan menghindari kebangkrutan. Kejatuhan Terra dan stablecoin UST pada Mei lalu dan ambruknya Three Arrows Capital dinilai telah memberikan dampak besar terhadap keuangan Celsius.

Pada 12 Juni lalu, platform ini menghentikan semua aktivitas transaksi dan setelah itu dilaporkan telah melakukan PHK 150 karyawan. Celsius juga disebut telah menyewa konsultan restrukturisasi.

Celsius belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait informasi ini. Kondisi Celsius telah membuat token aslinya, CEL, jatuh 80% sejak awal tahun ini.