78% Bitcoin Ditahan untuk Jangka Panjang: Sentimen Investor Makin Positif

Portakripto.com- Perusahaan analisis mata uang kripto Glassnode baru saja merilis penelitian mereka terkait dengan likuiditas Bitcoin (BTC). Hasil penelitian itu menunjukan bahwa jumlah Bitcoin yang tertahan atau disimpan untuk jangka panjang saat ini berjumlah 14,5 juta BTC atau sekitar 78% dari total Bitcoin yang beredar.

Jumlah Bitcoin yang tidak likuid  ini meningkat sejak tahun 2020. Dan di awal tahun 2021 peningkatannya semakin tajam. 

Penelitian tersebut memberikan gambaran bahwa tingkat likuiditas cryptocurrency terbesar di dunia ini semakin menipis. Sedangkan, pemilik Bitcoin yang menahan asetnya untuk jangka panjang semakin banyak.

Seperti yang kita ketahui, jumlah Bitcoin yang sudah tertambang saat ini baru sekitar 18,5 juta BTC. Adapun total jumlah Bitcoin yang sudah diprogram sebelumnya berjumlah sekitar 21 juta BTC. Dengan demikian, jumlah Bitcoin yang diperjualbelikan atau yang likuid saat ini sekitar 4-5 juta BTC. 

The change in BTC by liquidity class since January 2020. Source: Glassnode.com

Sentimen ini tentu bakal menentukan harga BTC selanjutnya. Dalam kondisi saat ini Bitcoin bisa disebut sebagai aset yang cukup terbatas, namun di sisi lain permintaan akan aset ini terus melonjak.

Seperti logika supply & demand, dalam kondisi seperti ini bisa berpotensi menaikan harga Bitcoin dalam beberapa bulan ke depan. 

Dalam analisis yang dipublikasikan oleh Glassnode, kondisi ini akan menggambarkan sebuah kondisi di mana sentimen investor semakin kuat dan akan menjadi sinyal bullish pada grafik BTC.

 

Grafik ini menandakan bahwa setiap terjadi penurunan tigkat likuiditas, selalu diikuti oleh peningkatan total suplly.Sumber: Glassnode.com

Berdasarkan data tradingview, Jumat, 19 Maret 2021, harga Bitcoin saat ini US$ 5400-US$ 5700. Dengan kapitalisasi pasar sebesar US 1.000 triliun. Bitcoin saat ini masih berada dalam tren bullish. 

Meskipun, sempat berada di zona koreksi beberapa hari ke belakang, secara teknikal Bitcoin masih akan terus melanjutkan tren bullish nya.

ARTIKEL TERKAIT:

Harga Bitcoin Awalnya Rp 14 ribu, Sekarang hampir Rp 1 Milyar, Kok Bisa?

 Tren Bitcoin Terus Meroket, Jauh Meninggalkan Emas

 Survey JPMorgan: Pembelian Bitcoin oleh Investor “Eceran” Meningkat Drastis

 

UNTUK ANALISA DAN TEKNIKAL KRIPTO KLIK INI

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.