Survey JPMorgan: Pembelian Bitcoin oleh Investor “Eceran” Meningkat Drastis

Portalkripto.com- JPMorgan Chase membuat sebuah riset terkait dengan tren investor yang memilih aset digital atau cryptocurrency Bitcoin. Salah satu hasil riset tersebut menggambarkan bahwa investor ritel (eceran) yang membeli Bitcoin kian bertambah. 

Dikutip dari Cointelegraph, data JPMorgan menunjukan bahwa pembeli ritel tercatat telah membeli Bitcoin sebanyak 187.000 koin melalui PayPal dan Square.

Lonjakan pembeli ritel saat ini jumlahnya hampir menyaingi investor institusional (perusahaan) yang telah membeli 173.000 BTC dalam periode yang sama. 

Gejala ini timbul disebabkan oleh sejumlah faktor. Analis pasar senior dari Oanda Corp, Ed Moya, dikutip dari Bloomberg, menyebutkan aktivitas pembelian ritel ini dipengaruhi oleh berekembangnya tren non fungible token (NFT), media sosial, dan adanya bantuan stimulus dari Pemerintah Amerika Serikat. 

LIHAT JUGA: Orang Amerika Pakai Dana Bantuan Covid 19 untuk Investasi Bitcoin dan Saham

Dia menambahkan bahwa sementara perdagangan saham atau aset hasil gorengan di media sosial (meme-stock) menyulut banyak pedagang eceran masuk ke bursa. Sementara itu, Bitcoin pun mendapat keuntungan dari fenomena tersebut, dan berpotensi untuk melanjutkan tren bullishnya dalam waktu dekat.

LIHAT JUGA: Survei JP Morgan Soal Bitcoin: 58% Perusahaan Yakin Kripto akan Bertahan

Sementara itu, data dari agregator pasar kripto, Glassnode, mengkonfirmasi temuan JPMorgan tersebut. Pada 15 Maret, Glassnode mencatat lonjakan pertumbuhan bersih entitas pada tahun 2021 yang diramaikan oleh investor ritel.

ARTIKEL TERKAIT:

Setelah Capai Harga Tertinggi, Bagaimana Pergerakan Bitcoin Selanjutnya?

Tren Bitcoin Terus Meroket, Jauh Meninggalkan Emas

 

UNTUK ANALISA DAN TEKNIKAL KRIPTO KLIK INI

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.