Analisis Harga BTC, ETH, dan BNB Usai The Fed Naikkan Suku Bunga 0,75%

Share :

Portalkripto.com — Pasar kripto dan pasar ekuitas sama-sama merespon positif kenaikan suku bunga The Federal Reserve sebesar 75 basis poin. Kenaikan yang diputuskan oleh Federal Open Markets Committee (FOMC) dengan suara bulat tersebut dinilai sejalan dengan ekspektasi pasar.

“FOMC berusaha memenuhi lapangan kerja secara maksimum dan menekan inflasi pada tingkat 2% dalam jangka panjang,” tulis The Fed dalam keterangan resminya.

Sesaat setelah pengumuman The Fed, Kamis, 28 Juli 2022, nilai Bitcoin melonjak hingga kembali menyentuh $22.000. ETH juga mengalami lonjakan harga mencapai di atas $1.600, menurut data CoinMarketCap.

Sejumlah analis memperkirakan Bitcoin akan mengalami pemulihan harga dan mulai bangkit. Hal ini pun terindikasi dari pergerakan on-chain Bitcoin. Dalam laporan mingguan Glassnode yang terbit pada 25 Juli 2022, telah terjadi redistribusi BTC dari pemegang yang putus asa (kapitulasi) ke investor atau pemegang yang lebih yakin.

Hal ini mengindikasikan holder jangka panjang semakin bertambah. Glassnode pun melaporkan bahwa indikasi ini merupakan sinyal positif bagi pergerakan BTC jangka pendek.

“Momentum dalam jangka pendek menunjukkan kelanjutan dari kenaikan, asalkan Harga Realisasi dan Harga Realisasi Pemegang Jangka Panjang dapat bertahan sebagai level support.Dalam jangka panjang, momentum menunjukkan kapitulasi terburuk bisa berakhir, namun pemulihan yang lebih lama waktu mungkin diperlukan karena perbaikan dasar terus berlanjut,” tulis Glassnode.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

The Fed Kembali Mengerek Suku Bunga, Bagaimana Prospek Bitcoin Cs?

Akankah The Merge Ethereum Berimbas pada Kenaikan Harga ETH?

Pemegang BTC yang Optimis Ambil Alih Posisi Investor Putus Asa


Namun beberapa analis lainnya justru menilai BTC masih akan turun dari levelnya saat ini. Kenaikan setelah pengumuman The Fed akan kembali menaikan suku bunga 75 basis poin dinilai sebagia jebakan banteng atau bull trap.

Korelasi yang semakin kuat antara pasar crypto dengan keuangan pasar keuangan tradisional membuat kebijakan The Fed ini akan berpengaruh pada pasar aset beresiko seperti kripto dan Bitcoin.

Kenaikan suku bunga memiliki efek riak di seluruh sistem keuangan, membuatnya lebih mahal bagi bisnis dan konsumen untuk mengambil pinjaman dan secara efektif mendinginkan ekonomi dengan mengurangi permintaan.

Dengan situasi ini, investor institusional cenderung lebih tertarik menukar saham dan kripto untuk investasi yang lebih aman seperti obligasi korporasi dan pemerintah.

Dua instrumen tersebut menjadi jenis investasi favorit di tengah kenaikan suku bunga. Karena, keduanya memiliki keuntungan lebih sedikit daripada investasi berisiko tapi memiliki keuntungan yang didukung oleh pemerintah federal.

Sementara pasar kirpto berjuang keras dalam menghadapi kebijakan ekonomi yang lebih ketat sejak The Fed mulai menaikkan suku bunga pada bulan Maret tahun ini.

Lantas, bagaimana pergerakan harga pasar kripto dalam jangka pendek setelah The Fed menaikkan suku bunga? Berikut analisis teknikal harga BTC, ETH, dan BNB berdasarkan candle chart (1D) dari analis Portalkripto.com, Arli Fauzi.

BTC/USDT

Pergerakan harga bitcoin ditutup lebih tinggi dari tanggal 25 Juli. Penutupan kandil harian kemarin membentuk pola dragonfly doji, yang mengindikasikan adanya pelemahan dalam penurunan dan kemungkinan terjadi reversal atau pembalikan tren.

Daily candle Bitcoin pagi ini ditutup pada harga $22.969, level tertinggi berada pada harga $23.112 dan level terendah berada pada harga $21.047.

Saat ini harga Bitcoin menuju level resistensi pada level $23.288. Apabila harga Bitcoin berhasil breakout, maka target kenaikan selanjutnya berada pada level $25.254. Support berada di day-20 exponential moving average (EMA) pada harga $21.702, yang menjadi titik retest apabila harga koreksi.

Penutupan daily candle hari ini membentuk morning star candlestick, yang artinya terjadi reversal dari penurunan kemarin, dan kemungkinan bisa mengubah arah trend turun menjadi naik.

ETH/USDT

Harga ETH berhasil bergerak naik dan ditutup di atas 50-day EMA. Hal tersebut membuktikan dynamic support pada 50-day EMA masih cukup solid untuk menahan laju penurunan.

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.635,74, level tertinggi berada pada harga $1.644,44 dan level terendah berada pada harga $1.420,83.

Pergerakan harga ETH kembali naik ke titik resistance dan mencoba untuk breakout. Supply area pada level $1.739-$1.916 menjadi target kenaikan selanjutnya, dan day-50 EMA pada harga $1.461 masih menjadi support yang solid untuk ETH.

BNB/USDT

Tekanan kenaikan terlihat masih kuat untuk pegerakan harga BNB, hal tersebut didukung oleh penutupan daily candle BNB pagi ini yang membentuk marubozu.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $271,6, level tertinggi berada pada harga $272 dan level terendah berada pada harga $247,5.

Target kenaikan BNB masih berada di resistance pada level $274,8. Titik tersebut menjadi kunci untuk pergerkan harga BNB. Apabila harga BNB berhasil breakout, maka resistance area pada level $290-$298 menjadi target kenaikan BNB selanjutnya. Day-50 EMA pada harga $256 menjadi support apabila harga BNB koreksi.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.