Ethereum Classic Tuai Keuntungan dari The Merge

Share :

Portalkripto.com — Ethereum Classic (ETC) menuai keuntungan dari jaringan Ethereum yang akan melakukan transisi dari mekanisme konsensus proof-of-work (PoW) ke proof-of-stake (PoS). Proses tersebut dikenal dengan sebutan ‘The Merge’.

Harga ETC melonjak lebih dari 20% hingga mencapai $27,50, dua hari setelah pendiri Ethereum Vitalik Buterin menyatakan dukungannya terhadap Ethereum Classic. Buterin mengatakan, Ethereum Classic, yang menggunakan mekanisme konsensus PoW, cocok dijadikan sebagai jaringan alternatif pengganti Ethereum.

Pernyataannya itu disampaikan di tengah kekhawatiran bahwa ‘The Merge‘, yang rencananya dilakukan pada pertengahan September ini, akan memaksa penambang PoW Ethereum pindah ke jaringan lain.

Dengan kata lain, penambang akan mencari jaringan PoW alternatif untuk memastikan rig mereka tetap berfungsi. Ethereum Classic tentunya diuntungkan dalam hal ini karena ETC merupakan versi asli Ethereum yang dapat memudahkan migrasi para penambang.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Arus Masuk Meningkat, ETH Kembali Dapat Kepercayaan Investor Institusional

Akankah The Merge Ethereum Berimbas pada Kenaikan Harga ETH?

Pemegang BTC yang Optimis Ambil Alih Posisi Investor Putus Asa


ETC menjadi salah satu kripto yang menonjol setelah harganya melonjak lebih dari 120% sejak pertengahan Juni. Meski demikian, nilainya masih 85% di bawah titik tertingginya pada Mei 2021 sebesar $185.

Menariknya, aksi harga ETC yang sedang berlangsung ini tampak serupa dengan yang terjadi pada 2021. ETC mengalami kenaikan harga hingga 150% dalam periode antara Juni 2021 hingga September 2021.

Dalam situs resminya, ethereumclassic.org, Ethereum Classic sendiri menganggap ‘The Merge’ sebagai cara yang paling relevan untuk menggaet penambang.

Migrasi penambang dari ETH ke ETC dinilai bisa membawa gelombang minat baru ke ekosistem Ethereum Classic, meningkatkan keamanan jaringan, dan mempercepat adopsi serta nilai jaringan.

Jaringan tersebut juga menyatakan,’The Merge’ bisa mengukuhkan posisi Ethereum Classic sebagai jaringan dengan Ethereum Virtual Machine (EVM) PoW terbesar.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.