Geser China, AS jadi Negara Penambang BTC Terbesar Dunia

Share :

Portalkripto.com — Dengan keluarnya China dari kompetisi industri kripto, menurut data yang diolah Statista, AS tercatat menjadi kontributor tertinggi hash rate Bitcoin (BTC) sedunia dengan jumlah 37,84% dari total penambangan pada Januari 2022. China di urutan kedua 21,11%, disusul Kazahkstan 13,22 %.

Hash rate adalah ukuran dari total daya komputasi (penambangan) yang digunakan oleh jaringan kripto proof-of-work (PoW) untuk memproses transaksi dalam blockchain.

China secara bertahap dan permanen mulai melarang penambangan BItcoin dan ekspansi industri kripto pada tahun lalu.

Pertama, pada Mei 2021, mereka melarang lembaga keuangan untuk terlibat dalam transaksi kripto apa pun. Selanjutnya pada Juni, negeri tirai bambu tersebut melarang semua penambangan kripto domestik dan pada akhirnya melarang segala macam aktivitas atau industri kripto pada September.

Negara dengan tingkat pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia itu sebelumnya menjadi pemimpin dalam penambangan kripto. Langkah pemerintah China melarang kripto menyebabkan aksi jual besar-besaran sebelum harga stabil.

China mengklaim larangan masuknya industri kripto di negaranya karena sangat prihatin dengan efek penambangan terhadap lingkungan dan orang-orang yang menggunakan mata uang digital dengan tujuan penipuan dan pencucian uang.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Kripto Sebagai The Network State, Buku Terbaru Balaji Srinivasan

Analisis Harga BTC, ETH, dan Pasar Kripto Selama Sepekan

Nilai Transkasi Aset Kripto Indonesia Sentuh Rp 192 Triliun di Q1 2022


China sekarang mendorong mata uang yuan digital mereka sendiri dan mendorong penggunaannya agar semakin luas.

Pada September 2019, China menyumbang 75,54% hash rate Bitcoin dan AS di urutan ketiga dengan share hanya 4,06%. Namun 28 bulan kemudian (Januari 2022), China merosot menjadi 21,11% dan AS naik menjadi 37,84%.

Terlepas dari peraturan negara bagian dan federal yang dihadapi oleh bisnis kripto di AS, negara tersebut tetap memainkan peran utama dalam melestarikan Bitcoin (BTC) dan ekosistem kripto.

Selain itu, AS adalah negara dengan jumlah instalasi ATM tertinggi, mewakili hampir 88% dari total instalasi ATM kripto di seluruh dunia.

Lebih dari 90% dari keseluruhan ATM kripto yang dipasang di seluruh dinia dalam beberapa bulan terakhir berada di AS. Data dari Coin ATM Radar mengonfirmasi bahwa hingga Juli AS melakukan pemasangan 641 dari 710 Bitcoin (sedunia) ATM kripto yang dipasang dalam 10 hari pertama setiap bulan.

Kanada berada di urutan dua. Sedangkan di luar AS, Spanyol menampung jumlah ATM crypto tertinggi yaitu 210 atau 0,5% dari total ATM aktif.

Perpaduan kekurangan chip global dan pandemi virus corona, untuk sesaat, menaikkan harga komponen terpenting dari rig penambangan yaitu unit pemrosesan grafis (GPU). Namun dengan harga turun di bawah MSRP dan tingkat hash ikut turun, para penambang menemukan jendela peluang untuk mendapatkan peralatan penambangan impian mereka.

Pada bulan Mei saja, harga GPU rata-rata turun lebih dari 15% yang memaksa penjual di pasar sekunder menurunkan harga selangit mereka pada rig penambangan bekas.