CEO Binance Komentari Bantuan Pinjaman Alameda Research ke Voyager Digital

Share :

Portalkripto.com — CEO Binance Changpeng Zhao mengomentari kesepakatan yang dibuat antara Alameda Research dengan Voyager Digital. Alameda merupakan perusahaan yang didirikan oleh pesaing Binance, CEO FTX Sam Bankman-Fried.

Alameda bulan lalu dilaporkan memberikan kredit sebesar $500 juta kepada Voyager. Namun, pada Rabu kemarin, dokumen pengajuan kebangkrutan Chapter 11 Voyager mengungkapkan, Alameda ternyata berutang kepada Voyager sebesar $377 juta.

Dalam podcast Decrypt, Changpeng Zhao yang akrab disebut CZ, mengaku cukup terkejut mendengar kabar tentang Alameda dan Voyager.

“Jujur, (kabar) itu mengejutkan bahkan bagi saya. Saya mencoba untuk tidak mengomentari pesaing maupun rekan saya di industri ini. Tetapi saya tidak akan pernah melakukan kesepakatan semacam itu,” ujarnya.

“Saya tidak akan pernah mengatakan, ‘Saya akan berinvestasi di perusahaan Anda dan Anda meminjamkan saya sejumlah uang.’ Saya tidak akan berinvestasi di perusahaan itu. Saya akan menyimpan uang saya,” tambahnya.

CZ enggan berkomentar lebih jauh mengenai kesepakatan-kesepakatan lainnya yang dibuat oleh perusahaan milik Sam Bankman-Fried dalam dua pekan terakhir ini di tengah krisis kripto. Namun, sebelumnya CZ menegaskan bahwa dia dan tim Binance akan lebih memilih hal-hal yang lebih jelas.

“Secara pribadi, bagi saya, dan bagi Binance, kami menyukai kesepakatan yang sangat sederhana. Kami menyukai kesepakatan seperti, ‘Berapa pendapatan Anda? Berapa banyak pelanggan Anda?’ Kami tidak suka kesepakatan seperti ‘Hei, saya berutang, Anda harus membayar saya kembali sebanyak ini, Anda berinvestasi kepada saya dan saya memberi Anda lebih banyak uang dalam bentuk pinjaman, dan kemudian Anda menyelamatkan saya’.” ungkapnya.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Mengenal Voyager Digital yang Bangkrut Setelah Terdampak 3AC

Adu Pendapat Vitalik Buterin vs Bitcoin Maximalist Soal Proof of Stake

Celsius Kekurangan Dana $1,2 Miliar untuk Bayar Utang


Ini bukan pertama kali CZ berbicara mengenai dana talangan. Tetapi, ini pertama kalinya ia mengemukakan bahwa kesepakatan kredit sebesar $500 juta dari Alameda ke Voyager merupakan kesepakatan yang tidak akan pernah ia lakukan.

Pada 23 Juni lalu, dua hari setelah FTX mengumumkan pemberian kredit $250 juta kepada broker kripto BlockFi (yang sudah bernilai $400 juta pekan lalu), CZ menggunggah sebuah tulisan blog.

“Jangan melanggengkan perusahaan yang buruk. Biarkan mereka gagal. Biarkan proyek lain yang lebih baik menggantikan mereka, dan mereka akan melakukannya,” ujarnya.

Meski demikian, bukan berarti Binance tidak akan memberikan dana talangan di tengah krisis likuiditas kripto. CZ mengatakan sedang mengincar beberapa perusahaan yang tersangkut krisis ini.

“Banyak perusahaan yang kekurangan uang, tapi bukan berarti semuanya buruk. Beberapa perusahaan membuat kesalahan kecil saat pertama kali menghadapi bear market, mereka memiliki produk yang bagus, tim yang bagus, jadi kami hanya perlu sedikit membantu,” katanya.