Pengguna Voyager Digital Terancam Tak Bisa Dapat 100% Dana Pengganti

Share :

Portalkripto.com — Setelah Voyager Digital mengajukan kebangkrutan pada Selasa pekan lalu, perusahaan pinjaman dan exchanges kripto ini mengungkapkan rencana pengembalian aset milik pengguna yang terkena dampak. Namun, Voyager tidak menyatakan akan mengembalikan 100% dana tersebut.

Dalam sebuah tulisan blog yang dirilis Senin kemarin, Voyager menyatakan dana pelanggan yang terkena dampak mencapai sekitar $1,3 miliar.

Dana tersebut belum termasuk dana yang ada di perusahaan pemberi pijaman kripto Three Arrow Capital (3AC) sebesar $650 juta. 3AC disebut gagal bayar pinjaman sebanyak 15.250 Bitcoin (BTC) dan 350 juta USDC terhadap Voyager.

Menurut rencana pengembalian aset yang diusulkan Voyager dan telah disetujui pengadilan, pelanggan dapat menerima uang mereka dalam bentuk kombinasi antara token Voyager, mata uang kripto lain, dan dana yang didapatkan dari 3AC.

“Jumlah pastinya akan tergantung pada apa yang terjadi dalam proses restrukturisasi dan pemulihan aset 3AC. Rencana dapat berubah sesuai negosiasi dengan pelanggan dan pemungutan suara. Kami menyusun rencana restrukturisasi yang akan melestarikan aset pelanggan dan memberikan peluang terbaik untuk memaksimalkan nilainya,” kata Voyager.

Selain aset kripto, Voyager mengatakan pihaknya memegang dana yang diasuransikan, yang nilainya setara dengan nilai dana pelanggan, di akun khusus Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) di Metropolitan Commercial Bank of New York.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Aset Kripto Senilai $1,97 Miliar Raib Dijarah Peretas Sepanjang 2022

Sejarah Kehancuran Harga BTC dari 2009 hingga 2022


FDIC bisa menjamin hingga $250.000 per pelanggan jika bank yang bangkrut, bukan jika perusahaan pemberi pinjaman yang bangkut.

Voyager juga mengeluarkan pemberitahuan pada 27 Juni 2022 lalu yang menyebutkan, kegagalan 3AC untuk membayar pinjaman menjadi salah satu alasan di balik kesulitan keuangan yang dialami Voyager.

Perusahaan ini juga mengaku telah meminjam 15.000 BTC atau sekitar $500 juta pada saat itu dari Alameda Research untuk menutupi kerugian yang disebabkan oleh 3AC.

Voyager saat ini sedang mencari strategi alternatif dengan mengevaluasi nilai perusahaan. Data dari TradingView menunjukkan harga saham Voyager telah turun lebih dari 98% menjadi $0,27, sejak titik tertinggi tahunannya di $20,35 pada November 2021.