Dogecoin Jadi Alat Pembayaran Transportasi Bawah Tanah Garapan Elon Musk

Share :

Portalkripto.comDogecoin menjadi alat pembayaran resmi untuk menjajal Loop di Las Vegas. Loop merupakan transportasi umum bawah tanah gagasan The Boring Company, yang juga didirikan oleh bos Tesla Elon Musk.

Pengumuman Dogecoin sebagai alat bayar Loop disampaikan perusahaan jasa konstruksi infrastruktur dan terowongan AS tersebut pada Jumat lalu. Saat itu, stasiun Loop keempat, yakni stasiun Resorts World, resmi dibuka di dekat Las Vegas Convention Center (LVCC).

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk tersebut berencana untuk memperluas jangkauannya dengan mendirikan 50 stasiun Loop di Las Vegas Strip, termasuk di kasino, resort, hingga Stadion Allegiant.

Kebijakan ini juga merupakan aksi terbaru dari Musk dalam mempromosikan Dogecoin yang nilainya turun tajam tahun lalu. Dogecoin sekarang dapat dibeli dengan harga sekitar 7 sen, jauh di bawah puncaknya yang mencapai sekitar 68 sen tahun lalu.

Dogecoin awalnya diciptakan sebagai lelucon pada 2013 dengan mengambil meme anjing jenis shiba inu sebagai icon. Meski ditinggalkan pendirinya, Jackson Palmer dan Billy Markus, Dogecoin terus menjadi koin populer karena digemari Elon Musk.

Mengenal Sistem Loop

Dalam Loop, penumpang bisa bepergian dengan mobil Tesla yang dikemudikan manusia dengan kecepatan 35 mph di dalam terowongan bawah tanah. Kecepatan yang ditetapkan lebih rendah, mengingat mobil listrik Tesla bisa bergerak hingga kecepatan 150 mph.

The Boring Company menyatakan, di masa depan, Tesla yang dijajal di Loop bisa berjalan secara otomatis dengan kecepatan yang lebih tinggi.

Saat ini Loop masih dibuka secara gratis, tetapi kemudian akan dikenai biaya meski belum diumumkan kapan. Menurut situs Vegas Loop, penumpang akan dikenakan biaya $1,50 dalam sekali jalan. Sementara tiket harian dapat dibeli seharga $2,50.


Kamu Bisa Baca Artikel Lain:

Analisis Pergerakan Harga BTC dan ETH, 7 Juli 2022

Trio Eksekutif JP Morgan Resign, Pindah ke Perusahaan Kripto

Akankah Kenaikan Dolar AS Menekan Harga Bitcoin?


Penumpang bisa membeli tiket Loop dengan memindai QR code yang disediakan di dinding stasiun. Jika nantinya ada yang tidak bisa membayar dengan Dogecoin, penumpang bisa menggunakan dolar AS atau kartu kredit biasa.

Dalam sejam, sebanyak 400 penumpang bisa diangkut dari stasiun Resort World. Sementara jam operasional akan bervariasi, tergantung jadwal LVCC.

Juru bicara Las Vegas Convention and Visitor Authority, Lori Nelson-Kraft, mengatakan stasiun Loop baru di Resort World tidak akan terhubung di bawah tanah dengan tiga stasiun lainnya di LVCC. Stasiun-stasiun itu akan terhubung setelah semua jaringan Loop dibangun di Las Vegas.

Las Vegas merupakan lokasi pertama proyek Loop The Boring Company yang disebut bertujuan untuk mengurangi kemacetan. Perusahaan ini mengklaim, sistem Loop sangat efisien karena kendaraan tidak akan berhenti di tengah jalan dan hanya berhenti di stasiun tujuan.

Namun, sejumlah orang mengkritik sistem transportasi ini. Kendaraan SUV Tesla Model Y dinilai tidak efektif digunakan karena tidak memiliki kapasitas sebesar bus atau kereta api.

Terowongan kecil dengan satu jalur dalam proyek Loop disebut menelan biaya hingga $1 miliar per mil. The Boring Company juga tengah menggarap proyek yang sama di Florida dan Texas.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.