🔥 HOT TOPIC :

Industri Game Berbasis Blockchain Tidak Terpengaruh Crypto Winter

Share :

Portalkripto.com — DappRadar dan BGA Games pada Selasa lalu mengeluarkan laporan terbaru terkait gameFi atau platform game berbasis blockchain. Laporan tersebut menemukan adanya ekosistem yang sehat dan banyaknya investasi yang masuk ke GameFi dan pasar metaverse meski crypto winter semakin dekat.

Laporan yang dirilis pada 20 Juni 2022 ini pun menyebiutkan, ekosistem gamefi tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi pasar kripto yang sedang turun. Penurunan Unique Active Wallets (UAW) di gamefi hanya berkisar 5% saja selama musim dingin kripto ini.

“Menentang tren pasar beruang, rata-rata 1,15 juta UAW harian berinteraksi dengan game blockchain di bulan Mei, turun hanya 5% dari bulan sebelumnya. Game Blockchain mengkonfirmasi status mereka sebagai vertikal blockchain yang lebih baik menavigasi musim beruang,” tulis laporan tersebut.

Sejumlah proyek yang dibahas di dalam laporan itu mencatatkan keberhasilan dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Proyek-proyek itu seperti Splinterlands, Illuvium, Galaverse, dan STEPN yang terus menghadirkan pemain baru dan memperluas bisnis.

Proyek GameFi dan Metaverse telah mulai menggunakan nonfungible token (NFT) dan token kripto. Salah satu contohnya adalah sepatu NFT dalam proyek STEPN move-to-earn (M2E), yang dapat dibeli dan dijual di STEPN metaverse dan menawarkan beberapa utilitas selain hanya untuk digunakan dalam game.


Kamu Bisa Baca Artikel Lainnya:

Terancam Bangkrut, BlockFi Menerima Bailout dari FTX $ 250 Juta

Vitalik Buterin Sebut Model Analisis S2F Tidak Cocok untuk Bitcoin

WeChat Larang Penggunaan Akun yang Terkoneksi ke Kripto dan NFT


“Game blockchain terkemuka tampaknya tidak mengakui pasar beruang. Selama delapan bulan berturut-turut, Splinterlands mendominasi dunia game dengan mekanisme kartu perdagangan yang dinamis,” tulisnya.

Laporan tersebut juga mengungkapkan, karena Bitcoin menurun pada awal Juni, blockchain game Illuvium menjual 20.000 plot tanah dan menghasilkan 4.018 Ether (ETH) atau senilai $72 juta untuk pengembangnya. Sementara Splinterlands telah berhasil menggaet 350.000 unique active wallets (UAW) sejak Mei.

Investasi dari pemodal besar juga terus bergulir ke sektor ini. Venture capital A16z dan Dapper Labs bahkan menginvestasikan $1,3 miliar ke dalam GameFI dan teknologi metaverse. Keduanya menunjukkan minat yang tinggi dan dukungan modal yang berkelanjutan.

Blockchain terdesentralisasi Flow juga menerima investasi $725 juta dari Dapper Labs untuk mendukung inisiatif terkait metaverse seperti NBA Top Shots.

Teknologi terkait metaverse dinilai masih dalam masa inkubasi dan masa depannya masih panjang. Masalah keamanan, kejelasan hukum, penggunaan dan penyalahgunaan, ketidakstabilan pasar, dan sentimen pasar yang buruk, akan menjadi rintangan utama bagi teknologi ini.

DISCLAIMER : Bukan ajakan membeli! Investasi atau perdagangan aset crypto masih beresiko tinggi. Artikel ini hanya berisi informasi yang relevan mengenai aset kripto tertentu.