Volume Pasar Saham Korea Selatan Hampir Tersaingi Oleh Lonjakan Transaksi Bitcoin

Portalkripto.com– Volume transaksi harian mata uang kripto (cryptocurrency) di Korea Selatan hampir menyaingi perputaran modal di bursa saham negara tersebut.

Negara dengan julukan negeri ginseng tersebut kini menjadi salah satu negara di Asia dengan nilai transaksi mata uang kripto terbesar di dunia.

Pada akhir pekan kedua Maret 2021, nilai transaksi mata uang digital Korea Selatan tercatat melebihi jumlah transaksi rata-rata harian pasar saham negara itu.

Menurut data dari CoinMarketCap, mengutip dari Cointelegraph, pada hari Minggu, 14 Maret 2021, volume gabungan 24 jam dari pertukaran crypto di empat bursa terbesar di Korsel, yakni Upbit, Bithumb, Coinone, dan Korbit, mencapai US$ 14,6 miliar. 

Sedangkan, di hari Jumat sebelumnya, dengan metrik yang sama nilai transaksi rata-rata pada indeks harga saham gabungan Korea Selatan hanya sebesar US$ 14,5 miliar. 

LIHAT JUGA: Demam Mata Uang Kripto di Korea Selatan, Transaksi Sehari Capai Puluhan Triliun

Peningkatan volume pasar mata uang kripto Korea Selatan tersebut terjadi bertepatan dengan momen Bitcoin yang sedang menginjak harga tertingginya, yakni mencapai US$ 61 ribu. 

Pemerintah Korea Selatan pun saat ini tengah menyusun regulasi khusus untuk menghadapi gelombang kripto di negaranya. Dikutip dari The Korea Herald, 16 Maret 2021, otoritas negara tersebut rencananya akan menerapkan regulasi khusus untuk penanganan pencucian uang dan transaksi ilegal di pasar kripto pada 25 Maret mendatang.

LIHAT JUGA: Pemerintah Korea Selatan Dukung Mata Uang Kripto Jadi Aset Investasi yang Aman

Apabila aturan tersebut telah diberlakukan, penyedia layanan jual-beli aset kripto akan dikenai denda apabila mereka tidak melaporkan aktivitas yang mencurigakan. Syarat utama bagi exchanges crypto di Korea Selatan adalah mereka hanya bisa melayani transaksi oleh pelanggan yang terverifikasi datanya. 

Selain itu, mereka yang berencana memulai layanan aset virtual harus melapor ke Unit Intelijen Keuangan Korea di bawah Komisi Jasa Keuangan sebelumnya, dan operator yang ada harus menyelesaikan laporan mereka dalam waktu enam bulan.

ARTIKEL TERKAIT:

Survey JPMorgan: Pembelian Bitcoin oleh Investor “Eceran” Meningkat Drastis

Setelah Capai Harga Tertinggi, Bagaimana Pergerakan Bitcoin Selanjutnya?

Tren Bitcoin Terus Meroket, Jauh Meninggalkan Emas

 

UNTUK ANALISA DAN TEKNIKAL KRIPTO KLIK INI

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.